Pelarian Mobil Rental Surabaya Berakhir di Kota Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 18:45 WIB
mobil rental dibawa lari dari surabaya ke malang
Dua orang yang membawa lari mobil rental diamankan (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang -

Kasus pelarian mobil rental dari Kota Surabaya berakhir di Kota Malang. Mobil Toyota Innova nopol L 1451 HW yang dibawa kabur dari Kota Pahlawan diamankan Satlantas Polresta Malang Kota di Jalan Tumenggung Suryo.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution mengaku penyelidikan hingga berujung mengamankan barang bukti unit mobil beserta pengemudi berawal dari informasi pendengar radio jika ada satu unit mobil yang dibawa orang menuju wilayah Kota Malang.

Petugas kemudian mendalami informasi tersebut dan menemukan kendaraan sesuai dengan ciri-ciri yang disampaikan. Awal mula berada di kawasan Perumahan Araya di wilayah Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

"Kemarin kami amankan perbatasan daerah Araya sekaligus patroli. Tapi sudah kehilangan jejak," kata Ramadhan kepada wartawan di Mapolresta Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jumat (3/7/2020).

Menurut Ramadhan, baru pada pagi tadi, sekitar pukul 06.00 WIB. Ada informasi kembali terkait keberadaan mobil yang sama. Yakni tengah berhenti di kawasan Jalan Tumenggung Suryo, Kota Malang.

Petugas langsung bergerak cepat menuju lokasi keberadaan kendaraan tersebut. Pengejaran sempat dilakukan sebelum kemudian petugas dari Satlantas Polresta Malang Kota berhasil menepikan kendaraan pelaku.

"Anggota kemudian meminta kelengkapan surat kendaraan. Setelah dikoordinasikan ternyata memang betul itu mobil yang dicari korban lewat radio dan laporan Polsek Wonokromo," jelasnya.

Hasil penyelidikan, pengemudi diketahui bernama Suwarno. Bersama satu rekannya berada dalam satu mobil, Suwarno kemudian digelandang ke Mapolresta Malang Kota.

"Ada dua orang kami amankan. Semuanya berasal dari Gresik," tegasnya.

Sementara itu, pemilik mobil, Johan, mengaku mobilnya ini memang direntalkan kepada Suwarno sejak 9 Juni 2020 lalu. Namun, hingga 15 Juni mobil itu tak kembali dan Johan kehilangan kontak dengan Suwarno.

Warga asal Surabaya ini kemudian melapor ke Polsek Wonokromo untuk meminta bantuan. "Harusnya balik tanggal 15 Juni, tapi sampai kemarin belum ada kabar. Akhirnya ditemukan di Malang ini," kata Johan terpisah.

Karena kasusnya dilaporkan ke Polsek Wonokromo, pelaku dan barang bukti mobil dilimpahkan ke sana untuk ditindaklanjuti. Pelaku pun sudah mengenakan borgol saat dibawa anggota Polsek Wonokromo meninggalkan Mapolresta Malang Kota.

(iwd/iwd)