Round-up

Saat Sekda Bondowoso Bikin Heboh Bilang COVID-19 Adalah Opini

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 12 Jun 2020 09:07 WIB
Sebuah video berisi ucapan COVID adalah opini beredar luas. Anggota DPRD Bondowoso membenarkan bahwa statement itu diucapkan sekda setempat.
Diskusi virtual yang beredar/Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Sebuah video berisi ucapan 'COVID-19 adalah opini' beredar luas, yang ternyata dilontarkan Sekda Bondowoso. Ucapan tersebut menuai tanggapan banyak pihak.

Dalam video berdurasi 38 detik itu, tampak bahwa rekaman itu merupakan sebuah diskusi virtual dengan sebuah aplikasi. Diskusi itu diikuti sedikitnya 22 orang dari berbagai kalangan masyarakat.

Pada diskusi tersebut terdengar suara Sekretaris Daerah Bondowoso, Syaifullah. Ia menyatakan bahwa COVID-19 tidak ada, melainkan hanya opini sebuah paradigma.

"Izinkan dalam kesempatan ini, COVID saya tinggalkan dulu. Bagi saya COVID ini adalah opini yang dibangun oleh sebuah paradigma," berikut suara dalam video yang diterima detikcom, Kamis (11/6/2020).


Dalam rekaman tersebut juga terdengar pernyataan bahwa yang bersangkutan mengaku belum menemukan langsung, orang yang kena Corona. "Sepertinya menakutkan. Nggak, nggak lah. Saya harus fokus pada pupuk sekarang ini. Petani harus berhasil, harus berhasil," lanjutnya.

Salah seorang warga Grujugan, Setiawan (32) mengaku sudah menerima video yang beredar tersebut. Menurutnya, seorang Sekda yang merupakan pejabat publik, tentu sangat memprihatinkan telah mengatakan COVID-19 adalah opini.

"Di saat kita semua elemen masyarakat dan aparat bahu membahu memerangi COVID, malah dibilang kalau COVID cuma opini. Ini kan sangat ironis," kata Setiawan.

Heboh! Sekda Bondowoso Sebut 'COVID-19 Adalah Opini':