Satu Keluarga di Kota Batu Positif COVID-19

Muhammad Aminudin - detikNews
Minggu, 07 Jun 2020 20:47 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Batu -

Satu keluarga di Kota Batu terkonfirmasi positif COVID-19. Penularan disebut karena transmisi lokal.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Batu M Chori menyatakan, satu pasien baru yang terkonfirmasi positif COVID-19 yakni kepala keluarga yang berdomisili di Kecamatan Bumiaji. Pasien itu laki-laki berusia 52 tahun.

"Data terbaru ada penambahan pasien konfirmasi (COVID-19), jenis kelamin laki-laki yang usianya 52 tahun. Yang bersangkutan merupakan suami dari pasien konfirmasi ke-10 asal Kecamatan Bumiaji," beber Chori kepada wartawan, Minggu (7/6/2020).

Adanya penambahan pasien baru tersebut, sekaligus menambah deretan satu keluarga yang dinyatakan tertular COVID-19. Mereka terdiri dari bapak, ibu, anak, menantu, dan cucu.


"Satu keluarga lengkap Positif COVID-19 yaitu bapak, ibu, anak, menantu dan cucu," tegasnya.

Penularan satu keluarga ini diduga berawal dari pasien terkonfirmasi ke-10 di Kota Batu. Yakni seorang ibu berusia 47 tahun yang diumumkan terkonfirmasi COVID-19 pada 21 Mei 2020 lalu.

Ibu tersebut berprofesi sebagai pedagang sayur antarkota sekaligus pengepul besar. Dari hasil pelacakan, pasien ini pernah melakukan transaksi di Pasar Pujon dan Pasar Karangploso, Kabupaten Malang untuk dikirim ke Banyuwangi.

Mulanya pasien ini mengeluhkan gejala demam tinggi disertai batuk pada 4 Mei 2020 lalu. Kemudian esok harinya dibawa ke RS Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Tlogomas, Kota Malang. Hasil rontgen menunjukkan adanya pneumonia yang kemudian dilakukan rapid test, swab dan hasilnya positif.

Selanjutnya
Halaman
1 2