Sembuh, 16 Nakes di Pasuruan Diminta Jadi Duta COVID-19

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 21:43 WIB
16 nakes di pasuruan sembuh
16 Nakes yang sembuh dari Corona (Foto: Istimewa)
Pasuruan -

Kabar baik datang dari Kabupaten Pasuruan. 16 orang dinyatakan sembuh dan bebas dari virus Corona.

Ke-16 orang ini merupakan tenaga kesehatan (nakes) RSUD Bangil dan keluarganya. Terdiri seorang dokter, 5 orang perawat, 2 orang tenaga administrasi serta 8 anggota keluarga mereka.

"Keenam belas orang ini menjalani isolasi di Hotel Permata Biru, Prigen, di waktu yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil swab evaluasi yang sama-sama keluar hari ini, seluruhnya dinyatakan negatif COVID-19," kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf di hotel tempat isolasi pasien, Rabu (3/6/2020).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pasuruan ini mengatakan seluruh pasien yang sembuh merupakan pasien positif virus Corona tanpa gejala alias OTG. Hotel tersebut memang dikhususkan pasien positif Corona tanpa gejala.

"Ada yang suami istri. Ada juga orang tua dan anak yang terpapar Corona dan akhirnya diisolasi di Permata Biru ini. Tapi semuanya tanpa gejala," imbuhnya.

Meski dinyatakan sembuh dan bebas Corona, 16 orang tersebut tetap menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumah. Irsyad meminta mereka menjadi 'Duta COVID-19' dan menyebarkan semangat bahwa Corona bisa dikalahkan.

"Kuncinya adalah disiplin. Disiplin untuk memakai masker kalau keluar rumah. Disiplin untuk jaga jarak aman, menghindari kerumunan dan selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat. Inilah yang harus terus disebarkan kepada semua orang," harapnya.

Irsyad menyampaikan terima kasih pada seluruh petugas medis yang gigih merawat para pasien hingga sembuh. "Salam hormat dan terima kasih saya untuk anda semua yang telah membuat para pasien ini sembuh. Sekali lagi ini bukti bahwa COVID-19 bisa disembuhkan," tandasnya.

Dengan tambahan 16 pasien, total 29 warga Kabupaten Pasuruan dinyatakan sembuh dari Corona. Irsyad yakin, jumlah tersebut akan terus bertambah.

(iwd/iwd)