Cegah Klaster Baru, Puluhan Pedagang Sayur di Batu Jalani Rapid Test

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 17:18 WIB
pedagang pasar sayur di batu dirapid test
Pedagang pasar sayur di Batu di-rapid test (Foto: Muhammad Aminudin)
Bojonegoro -

Satgas COVID-19 Kota Batu melakukan rapid test untuk puluhan pedagang sayur. Langkah ini mencegah penyebaran virus Corona, karena aktivitas para pedagang.

Jubir Satgas COVID-19 Kota Batu M Choiri mengatakan rapid test dilakukan dalam rangka mendeteksi awal dan mengetahui kondisi masyarakat yang memiliki potensi resiko tinggi terpapar virus COVID-19.

"Ada 78 orang pedagang atau pengepul sayur yang telah dilakukan rapid test. Langkah ini sebagai deteksi awal mengetahui kondisi para pedagang dan pengepul yang mereka rentan terpapar virus COVID-19," ujar Choiri kepada detikcom, Selasa (19/5/2020).

Choiri mengaku, para pedagang atau pengepul sayur yang menjalani rapid test berasal dari beberapa desa di Kota Batu. Seperti Beji, Torongrejo, Tulungrejo, Giripurno dan Oro-Oro Ombo.

"Para pedagang sayur yang ikut rapid test berasal dari beberapa desa. Rapid test dilakukan secara bergiliran," kata Choiri.

Dari hasil tes cepat terhadap 78 pedagang atau pengepul sayur. 71 orang nonreaktif dan 6 orang reaktif jenis virus baru. "Dari rapid test itu, 6 orang reaktif dan diminta melakukan isolasi mandiri sebelum nantinya dilakukan proses selanjutnya," beber Choiri.

Selain pedagang sayur yang biasa mengirim sayur ke luar kota. Rapid test massal rencananya juga dilakukan kepada pedagang pasar tradisional di Kota Batu.

"Untuk waktu pelaksanaannya tengah dikoordinasikan dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan serta Dinas Kesehatan," kata Choiri.

Satgas COVID-19 Kota Batu sebelumnya menerima bantuan 500 pieces rapid test dari Pemprov Jawa Timur. Di luar itu, Pemkot Batu melalui Dinas Kesehatan sudah melakukan pengadaan rapid test sebanyak 8 ribu pics.

Berdasarkan data Satgas COVID-19, jumlah pasien tetap sebanyak 7 orang, 4 orang dirawat, 2 orang sembuh dan satu meninggal.

(iwd/iwd)