16 Penumpang Datang 12 Berangkat di Bandara Abdulrachman Saleh Hari Ini

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 20:05 WIB
bandara abdulrachman saleh
Suasana di Bandara Abdulrachman Saleh (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang -

Belasan penumpang tiba di bandara Abdulrachman Saleh, Pakis, Kabupaten Malang, hari ini. Mereka menumpang maskapai Batik Air dengan tujuan Jakarta-Malang. Hasil pemeriksaan, kesemuanya datang ke Malang dengan tujuan kerja.

Kepala Seksi keamanan penerbangan dan pelayanan darurat UPT Bandara Abdulrachman Saleh, Purwo Cahyo Widhiatmoko mengatakan ada dua kali penerbangan hari ini di bandara Abdulrachman Saleh yakni Jakarta-Malang dan sebaliknya.

Maskapai yang beroperasi adalah Batik Air yang membawa sebanyak 16 penumpang dari Jakarta. Belasan penumpang yang tiba di bandara Abdulrachman Saleh itu wajib melalui pemeriksaan ketat. Seperti pemeriksaan kesehatan sekaligus dokumen persyaratan untuk dapat masuk ke wilayah Kabupaten Malang.

"Ada pemeriksaan kesehatan, seperti thermo gun dan dokumen persyaratan perjalanan. Seperti surat keterangan kerja, serta membawa surat keterangan sehat atau bebas Corona," terang Cahyo kepada detikcom, Kamis (14/5/2020).

Cahyo menambahkan, para penumpang satu per satu telah melalui pemeriksaan kesehatan dan dokumen yang ditunjukkan menguatkan mereka bisa melanjutkan perjalanan.

"Semuanya bisa menunjukkan kedatangan ke Malang untuk urusan kerja, serta bebas Corona," tegas Cahyono.

Sementara penerbangan kembali ke Jakarta dengan maskapai yang sama, membawa sebanyak 12 penumpang. Hal sama juga dilakukan, para penumpang tersebut harus melalui pemeriksaan ketat. "Untuk penerbangan kembali ke Jakarta membawa sebanyak 12 penumpang. Jadi total hari ini, ada 28 penumpang yang berangkat dan tiba di bandara Abdulrachman Saleh," imbuhnya.

Cahyo menuturkan, sejak pandemi Corona dan dibukanya kembali operasional moda transportasi tak mengubah peningkatan jumlah penumpang. Bahkan, Cahyo menyebut, seringkali terjadi kekosongan jadwal penerbangan, karena tidak adanya penumpang.

"Sering kosong penerbangan, karena tidak ada penerbangan. Sebelum hari ini, ada penerbangan tujuan Kendari sebanyak 35 penumpang. Semuanya meninggalkan Malang untuk kepentingan kerja," tutur Cahyo.

(iwd/iwd)