Kasus Positif Corona Tembus 1.114, Jatim Jadi Kedua Terbanyak

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 04 Mei 2020 02:14 WIB
Kasus Corona di Jatim bertambah menjadi 1.114. Angka tersebut membuat Jatim menjadi daerah dengan kasus Corona terbanyak setelah Jakarta.
Jumpa Pers Pemprov Jatim/Foto: Faiq Azmi

Joni mengatakan, kasus positif di Surabaya mengalami kenaikan signifikan. Namun hal itu bukan acuan dari penerapan PSBB. Karena pasien positif hari ini merupakan hasil swab satu minggu lalu.

"Ini tidak bisa 100 persen menjadi pegangan. Jadi confirmed ditanggal 2 Mei itu sebenarnya satu dua minggu sebelumnya. Tapi apapun itu, kita harus menjadi perhatian angka confirmed-nya naik dari tiga kota dan tren paling tinggi di Surabaya," katanya.


Dirut RSU dr Soetomo ini menegaskan, hal yang lebih penting yakni PDP. Dilihat dari data yang ada, maka Surabaya memiliki PDP cukup banyak meski trennya mengalami penurunan.

"Dari hari keenam PSBB kalau kita lihat seminggu sebelumnya memang mengarah lebih sedikit penambahannya day by day. Ini menggembirakan walaupun jumlahnya masih cukup tinggi. Gresik dengan Sidoarjo juga demikian, trennya menurun lebih landai, Surabaya menurunnya agak lebih kencang, karena memang konsentrasi kita di Surabaya," pungkasnya.

Halaman

(sun/bdh)