5 Hal yang Perlu Diperhatikan soal Makanan Saat Sahur dan Buka Puasa

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 28 Apr 2020 05:51 WIB
RS Unair
RS Unair/Foto file: Esti Widiyana
Surabaya -

Saat menjalankan ibadah puasa, biasanya tubuh lebih mudah lesu, terlebih jika banyak aktivitas yang dilakukan. Lagu bagaimana cara mengatasinya?

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan tak mudah lesu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Ahli Gizi RS Unair Surabaya Prof dr Bambang Wirjatmadi MS MCN PhD Sp Gk membagikan lima tips agar tubuh tetap sehat.

Namun, tips yang ia berikan hanya ditujukan kepada orang yang benar-benar sehat. Dalam artian tidak memiliki penyakit samping, seperti hipertensi, stroke, gagal ginjal, diabetes dan penyakit lain.

"Artinya benar-benar sehat. Kalau ada penyakit lain itu diperbaiki lagi," kata Bambang saat dihubungi detikcom, Senin (27/4/2020).


Bambang menjelaskan, selama bulan puasa, baik saat sahur maupun berbuka lebih baik minum terlebih dahulu. Setelah itu memberi jeda beberapa saat sebelum dilanjutkan makan.

"Itu urutannya baik untuk buka maupun sahur," imbuhnya.

Ia kemudian memaparkan lima hal yang perlu diperhatikan mengenai asupan selama berpuasa. Mulai dari soal makanan yang beragam hingga kehalalan makanan tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2