Video Wanita di Surabaya Tewas Dipukul Begal Ternyata Hoaks

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kamis, 16 Apr 2020 22:03 WIB
Video wanita di Surabaya tewas dipukul begal beredar luas. Namun polisi menegaskan jika video tersebut tidak benar atau hoaks.
Video hoaks yang tersebar/Foto: Tangkapan Layar

"Dapat videonya dari temenku. Katanya sih itu yang di Merr semalam," kata Septian.

Namun Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menegaskan, kejadian dalam video itu tidak benar atau hoaks. "Polda Jatim nyatakan ini adalah berita hoaks. Terkait penyebaran informasi melalui WhatsApp adalah hoaks," kata Truno kepada detikcom di Surabaya.

Truno menambahkan, usai mendapatkan laporan viralnya video ini, pihaknya langsung mengecek ke Polrestabes Surabaya. Namun tidak ada kejadian kecelakaan akibat pembegalan seperti yang disangkakan dalam video.


"Setelah berkoordinasi dengan Polrestabes Surabaya nihil kejadian tersebut. Tidak ada data konfirmasi kejadiannya apa dan di mana karena bukan di wilayah hukum Polda Jatim," imbuh Truno.

Di kesempatan yang sama, Truno meminta masyarakat untuk mengecek kebenaran informasi sebelum membagikan informasi tersebut. Karena polisi juga akan mengamankan para penyebar hoaks yang meresahkan.

"Masyarakat harus cerdas dalam menerima informasi dan tidak menyebarkan. Segera laporkan kepada petugas," pungkas Truno.


(sun/bdh)