Pilkades Serentak Sidoarjo Ditunda Sampai Waktu yang Belum Ditentukan

Suparno - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 21:17 WIB
Pilkades serentak di Sidoarjo yang rencananya akan digelar 19 April mendatang akhirnya ditunda. Penundaan itu sesuai saran dan imbauan dari Menteri Dalam Negeri.
Rapat Forkopimda Sidoarjo soal penundaan Pilkades/Foto: Suparno
Sidoarjo -

Pilkades serentak di Sidoarjo yang rencananya akan digelar 19 April mendatang akhirnya ditunda. Penundaan itu sesuai saran dan imbauan dari Menteri Dalam Negeri.

Rapat digelar Forkopimda Sidoarjo. Yang terdiri dari Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua DPRD Usman, Kapolesta Sidoarjo Kombes Sumardji, Kajari Sidoarjo Setiawan Budi Cahyono, perwakilan Kodim 0816/Sidoarjo dan Sekda. Rapat memutuskan, Pilkades ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Meski dilakukan penundaan, tahapan-tahapan Pilkades yang tidak melibatkan banyak orang tetap berjalan dan diselesaikan. Penundaan tersebut berdasarkan rujukan surat dari BNPB yang menetapkan darurat nasional karena pandemi Covid-19 baru berakhir 29 Mei 2020.


"Kita yang hadir rapat ini semua sepakat Pilkades serentak ditunda. Namun kita juga sepakat penundaan juga tidak lama-lama. Jika situasi sudah membaik maka kita segera bisa laksanakan," kata Wabup Nur Ahmad kepada wartawan usia rapat, Kamis (26/3/2020).

Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji menekankan, penundaan Pilkades didasarkan pada maklumat Kapolri. Dalam maklumat tersebut, salah satu isinya adalah membubarkan warga yang berkerumun. Pilkades serentak akan menjadi tempat berkumpulnya masyarakat yang dikhawatirkan akan mempermudah penyebaran covid-19.

Selanjutnya
Halaman
1 2