Puskesmas Surabaya Terapkan Social Distancing, Tempat Duduk Berjarak 1 Meter

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 14:11 WIB
Puskesmas Surabaya Tetapkan Social Distancing Duduk Jarak Satu Meter
Tempat duduk pengunjung berjarak 1 meter (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Selama sepekan puskesmas di Surabaya menerapkan social distancing. Salah satunya, tempat duduk penunggu dibatasi jarak satu meter. Seperti yang ada di Puskesmas Wonokromo dan Puskesmas Jagir. Memberi lakban dibentuk X pada dua kursi ruang tunggu.

Kepala Puskesmas Wonokromo, dr Era Kartikawati mengatakan, tak hanya social distancing saja yang dilakukan. Pihaknya juga menjalankan protokol dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya.

"Penerapan melalui pemisahan tempat duduk untuk memperlebar jarak duduk, pengumuman tidak mengajak anak di bawah 12 tahun yang sehat, membatasi jumlah pengantar, pengantar tidak masuk tapi di luar," kata Eka saat dikonfirmasi di Puskesmas Jalan Karangrejo, Senin (23/3/2020).

Kemenkes juga mengharuskan melakukan social distancing di tempat umum. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga mengimbau masyarakat untuk jaga jarak satu meter dan diteruskan oleh Dinkes Surabaya.

Namun tiap puskesmas memiliki keterbatasan dan bentuk penerapan yang berbeda-beda. Tujuannya tetap menjalankan protokol.

"Aplikasi yang dimodifikasi puskesmas sendiri, di depan sudah disediakan tempat cuci tangan setelah itu sebelum masuk pakai hand sanitizer. Semua pengunjung wajib cuci tangan dulu sebelum masuk dan periksa," jelasnya.

Harusnya, kata dia, semua puskesmas yang belum menerapkan untuk segera melakukan social disgancing.

Ridwan Kamil Unjuk Skenario Drive-Thru Rapid Test COVID-19:

Selanjutnya
Halaman
1 2