Wagub Emil Tes Corona Usai Bertemu Menteri Belanda yang Sempat Ketemu Menhub

Hilda Meilisa - detikNews
Minggu, 15 Mar 2020 20:23 WIB
wagub emil
Wagub Emil tes corona di RS Unair (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak melakukan inspeksi mendadak ke Rumah Sakit Univeritas Airlangga (RSUA) dan Institute of Tropical Diseases (ITD) Unair. Dalam sidaknya, Emil menyempatkan diri untuk tes virus Corona atau Covid-19.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan jika tes virus Corona tak hanya bisa dilakukan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes saja. Kini, pemeriksaan bisa dilakukan di Rumah Sakit Universitas Airlangga (Unair) hingga lembaga Eijkman. Emil menyebut dirinya mendapat tugas untuk meninjau kesiapan Unair.

"Hasil komunikasi tadi pagi, disepakati bahwa saya tidak hadir rapat Covid-19 di Grahadi agar saya datang dan meninjau ke sini," kata Emil di Surabaya, Minggu (15/3/2020).

Dalam kesempatan ini, Emil juga melakukan tes corona. Alasannya, beberapa waktu lalu, dirinya bertemu dengan Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Negara Belanda Mrs. Cora Van Nieuwenhuize yang sehari sebelumnya bertemu dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya yang ternyata positif corona.

"Saya periksa di sini untuk tindakan preventif aja," ungkap Emil.

Usai melakukan tes, Emil menyebut Unair sangat siap menjadi rujukan pasien yang positif corona. Banyak masyarakat yang telah percaya kepada Unair untuk melakukan tes corona.

"Masyarakat sudah berpikir jika ingin periksa yang berkaitan corona ya ke sini," imbuhnya.

Suami Arumi Bachsin ini menambahkan Unair juga sangat mumpuni untuk pengecekan corona. Karena memiliki alat hingga tenaga medis yang mumpuni.

"Alatnya tersedia semuanya di sini," imbuh Emil.

Emil pun menyarankan, Unair harus siap mendapat pasien positif corona 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Emil meminta Unair tetap buka dan menerima pasien di hari ini.

"RS Unair harus stand by. Makanya ini tadi kami minta untuk dibuka meski Minggu," pesan Emil.

(hil/iwd)