CFD Jombang Ditiadakan, Pedagang yang Tetap Datang Disuruh Pulang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 15 Mar 2020 11:20 WIB
cfd di jombang ditiadakan
CFD Jombang ditiadakan demi cegah corona (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Pemkab Jombang mulai menekan intensitas pertemuan masyarakat dalam jumlah besar untuk mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya dengan meniadakan kegiatan car free day (CFD).

Peniadaan CFD dilakukan oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab. Dia mencetuskan kebijakannya itu dalam Surat Edaran nomor 451.12/350/415.22/2020 tentang Peniadaan Pelaksanaan CFD di Kabupaten Jombang tanggal 13 Maret 2020. CFD ditiadakan mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditentukan.

SE tersebut dibuat berdasarkan Perbup Jombang nomor 19 tahun 2018 tentang Pelaksanaan CFD dan CFN, serta berdasarkan SE Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa tanggal 13 Maret 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Virus Corona.

SE Bupati Jombang terkait peniadaan CFD dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jombang Hartono. "Kami mengacu pada surat edaran Gubernur Jatim untuk mengurangi kontak keramaian. CFD sementara ditiadakan mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditentukan," kata hartono kepada wartawan, Minggu (15/3/2020).

CFD rutin digelar di sepanjang Jalan KH Wahid Hasyim, Jombang sejak 2018. Karena ditiadakan, hanya nampak lalu lalang kendaraan bermotor di jalan ini. Pagar yang biasa dipasang untuk menghalau kendaraan, tidak lagi nampak.

Sejumlah petugas gabungan Dishub dan Satpol PP Jombang melakukan sosialisasi SE Bupati terkait peniadaan CFD. Mereka meminta beberapa pedagang yang akan membuka lapak di sepanjang Jalan KH Wahid Hasyim untuk kembali pulang.

"Para pedagang kaki lima kami minta pulang. Karena peniadaan CFD sudah kami sampaikan ke masyarakat melalui surat edaran Bupati," terang Hartono.

Peniadaan CFD di Kabupaten Jombang dinilai sebagian masyarakat terlambat disosialisasikan. Sehingga sejumlah warga masih saja berdatangan ke tempat biasa CFD.

Seperti yang dikatakan Novia Agustin, pengunjung CFD asal Tembelang, Jombang. Kendati begitu, dia menilai kebijakan Bupati meniadakan CFD sudah tepat.

"Bagus kalau tujuannya untuk mencegah penyebaran corona, tapi mendadak sehingga banyak yang tidak tahu," tandasnya.

Video Tips Jokowi Cegah Virus Corona:

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)