Jalan Yos Sudarso Surabaya Diharapkan Bisa Kembali Dibuka Maret Nanti

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 22:18 WIB
Komisi C DPRD Surabaya sidak proyek pembangunan basement Alun-alun Suroboyo yang berada di Jalan Yos Sudarso. Jalan tersebut diharapkan bisa kembali dibuka Maret mendatang.
Sidak pembangunan Alun-alun Suroboyo/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Komisi C DPRD Surabaya sidak proyek pembangunan basement Alun-alun Suroboyo yang berada di Jalan Yos Sudarso. Jalan tersebut diharapkan bisa kembali dibuka Maret mendatang.

Sidak dipimpin Ketua Komisi C Baktiono bersama dengan anggota Komisi C lainnya. Mereka melihat secara langsung pembangunan proyek basement alun-alun itu.

"Tapi memang masih ada kendala yaitu di Jalan Pemuda Nomor 17. Itu memang hak pengelola lahan dan itu sudah sampai gugatan. Karena itu sudah dimiliki oleh seorang pengusaha yang sudah habis HPL-nya. Cuma mereka yang bersangkutan menggugat agar mendapatkan hak pengolahan kembali," kata Baktiono kepada wartawan saat sidak di basement Alun-alun Suroboyo, Rabu (19/2/2020).


Baktiono menambahkan, meski begitu Pemkot bersikukuh menggunakan kembali untuk kepentingan masyarakat meski saat ini dalam proses banding dan dimenangkan Pemkot Surabaya. Rencananya akan digunakan untuk UKM-UKM yang selama ini sudah dibina dan diberi pelatihan oleh Pemkot Surabaya.

"Terkait bangunan yang di bawah akan digunakan untuk UKM-UKM di Kota Surabaya. Baik memamerkan maupun menjual dan juga mudah-mudahan bisa laku semua hasil produk-produk mereka, yang sudah dilatih oleh pemerintah kota dan bisa dinikmati oleh semua warga Kota Surabaya, maupun pengunjung dari luar kota Surabaya," lanjut Baktiono.

Menurutnya dengan adanya sengketa lahan antara pemerintah kota Surabaya dengan pengusaha tersebut, otomatis proses pembangunan di Jalan Pemuda 17 belum bisa dilanjutkan.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini ada keputusan yang inkrah, dan nantinya bisa dilanjutkan kembali proses pembangunan alun-alun yang ada di basement untuk kepentingan warga semua," paparnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2