30 Kg Sabu Diamankan di Surabaya dalam 2 Bulan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 16:18 WIB
Polrestabes Surabaya menggelar ungkap kasus narkotika selama dua bulan terakhir. Ada 30,2 kg sabu yang disita polisi.
Ungkap kasus narkotika Polrestabes Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Polrestabes Surabaya menggelar ungkap kasus narkotika selama dua bulan terakhir. Ada 30,2 kg sabu yang disita polisi.

Sejak Januari hingga hingga saat ini, Satreskoba mengungkap 153 kasus, dengan total 200 tersangka. Terdiri dari 183 tersangka laki-laki dan 17 perempuan.

"Kita mengungkap jaringan Malaysia melalui Aceh ke Wilayah Sampang berjumlah 32,3 Kilogram Sabu, 32 gram ganja, 24360 butir ekstasi dan 3,8 juta butir pil koplo. Ini pengungkapan awal tahun yang cukup biasa," kata Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan saat rilis di Gedung Baradaksa, Mapolrestabes Surabaya, Selasa (18/2/2020).


Pihaknya mengapresiasi pengungkapan kasus narkoba tersebut. Polda Jatim juga sudah melaporkan hal itu ke Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

"Polda Jawa Timur saja, Januari hingga Februari sudah 80 kg dan ini (Polrestabes Surabaya) 30 kg. Ini cukup besar untuk wilayah Surabaya," tambah Luki.


Untuk itu, Luki menyampaikan bahwa pihaknya terus gencar melakukan pengungkapan kasus narkoba dengan bekerja sama jajaran lainnya. Sementara Kapolrestabes Surabaya Sandi Nugroho mengatakan, dalam pengungkapan jaringan Aceh, pihaknya juga melakukan tindakan tegas terukur atau tembak mati karena pelaku melawan petugas saat akan ditangkap.

"Ada jaringan Malaysia yang dikirim oleh kurir perempuan yang disimpan di kemaluan. Kemudian ada jaringan Pamekasan, jaringan Sokobana Bangkalan, Madura. Yang terakhir juga ada jaringan Bangkalan," pungkas Sandi.

Simak Video "Polisi Gerebek Pabrik Sabu di Pasuruan, 7 Orang Diamankan"

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)