Round-up

Tentang Tugu di Tol Madiun yang Viral Dikaitkan dengan Palu Arit PKI

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 07:41 WIB
Penjelasan PT JNK Terkait Tugu Iconic di Simpang Susun GT Madiun
Tugu di Tol Madiun yang viral/Foto: Dok. Jasa Marga
Surabaya -

Politikus Fadli Zon angkat bicara soal tugu di interchange menuju Gerbang Tol Madiun yang viral di media sosial. Menurutnya, ada kesan palu arit dari tugu tersebut.

Pernyataan itu ia sampaikan lewat akun Twitter pribadinya @fadlizon. Cuitan tersebut diunggah pada Minggu (9/2). "Kesan 'Palu Arit' tak bisa dinafikan. Apakah ada kesengajaan?" cuit Fadli seperti yang dilihat detikcom, Senin (10/2/2020).

Cuitan tersebut merupakan tanggapan Fadli saat me-retweet posting-an akun Roy Suryo, @KRMTRoySuryo2. Roy Suryo mengunggah posting-an tersebut 3 jam lebih dulu.


"Tweeps,Patung yg terletak di pinggir Jalan Tol Madiun ini lagi kontroversi, banyak pihak yg menginginkan Patung ini dibongkar karena mengingatkan Trauma masa lalu di daerah tersebut sekitar tahun 1948 silam. Bagaimana pendapat anda? Benarkah Patung ini mirip2 simbol2 tertentu?" berikut posting-an Roy Suryo.

Sebelumnya, mengenai tugu Gerbang Tol Madiun itu juga sudah menuai pro dan kontra di media sosial Facebook. Ada banyak yang mengaitkan dengan lambang palu arit PKI, namun banyak juga yang tidak mempermasalahkannya.

PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) kemudian membantah anggapan tersebut. Pihaknya menegaskan bahwa tugu tersebut merupakan logo perusahaan. Lantas, seperti apa logo PT JNK yang menjadi model dari tugu tersebut?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3