RSUD Iskak Tulungagung Isolasi Satu Pasien yang Baru Pulang dari Korea

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 08 Feb 2020 20:31 WIB
pasien diduga corona di tulungagung
RSUD Tulungagung isolasi Pasien diduga terpapar Corona (Foto: Istimewa)
Tulungagung -

RSUD dr Iskak Tulungagung mengisolasi seorang pasien yang memiliki riwayat panas dan nyeri pascapulang dari negara terpapar virus corona, Korea Selatan.

Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung Supriyanto, mengatakan pasien rujukan asal Kediri tersebut menjalani perawatan, Sabtu (8/2/2020) siang. Sesuai standar operasional prosedur (SOP), maka pasien langsung ditempatkan di ruang isolasi dengan pemantauan khusus dari tim dokter.

"Pasien tersebut (baru pulang) dari negara yang terpapar virus corona. Dia satu bulan di Korea Selatan. 5 Hari yang lalu pulang ke Indonesia kemudian di rumah badannya panas, nyeri saat menelan," kata Supriyanto saat dikonfirmasi.

Penanganan pasien itu dilakukan di Tulungagung, karena RSUD dr Iskak merupakan salah satu rumah sakit rujukan regional yang telah memiliki peralatan yang memadai, termasuk ruang isolasi.

"Perlakuan kami terhadap seperti itu kita harus lebih baik kita berlebihan perkiraan daripada kecolongan. Dia kami perlakukan sebagai orang yang terpapar virus corona, SOP-nya seperti itu," ujarnya.

Supriyanto menjelaskan pasien tersebut sebetulnya belum masuk kategori terpapar corona, sebab membutuhkan analisa mendalam dan harus diperiksakan sampel swap tenggorokannya ke Jakarta.

"Saya rasa ini hanya terduga saja, bukan positif," imbuhnya.