Tangis Khofifah Saat Pegang Foto Almarhum Gus Sholah

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 12:26 WIB
gus sholah wafat
Khofifah tampak menangis membawa foto Gus Sholah (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Jenazah Gus Sholah tiba di Bandara Juanda. Peti mati Gus Sholah diangkat oleh enam pejabat kepolisian dan TNI.

Sementara di depan peti jenazah terlihat Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memegang foto Gus Sholah. Wajah Khofifah sembab. Orang nomor satu di Jatim itu menangis.

Khofifah memang sangat dekat dengan Gus Sholah. Dalam berbagai kesempatan, Khofifah menyempatkan diri bertemu dengan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang tersebut. Khofifah sudah menganggap Gus Sholah sebagai orang tuanya sendiri.

Bagi Khofifah, Gus Sholah merupakan seorang pejuang. Tebuireng yang sekarang mempunyai banyak cabang merupakan hasil perjuangan Gus Sholah. Gus Sholah ingin memberi ruang pendidikan dalam ilmu kebangsaan, agama, sosial kemasyarakatan tidak hanya tersentral di Jombang saja."Gus Sholah adalah salah satu putra terbaik bangsa. Boleh dibilang beliau adalah paket lengkap dari seorang negarawan. Beliau adalah guru, aktivis, ulama, cendekia, sekaligus tokoh Hak Asasi Manusia di Indonesia. Insyaallah, husnul khotimah," ujar Khofifah dalam ucapan belasungkawanya, Senin (3/2/2020).

"Terlalu jauh kalo centralized di Tebuireng Jombang. Persiapan pendirian beliau ikut serta sehingga ada cabang di Riau hingga Papua. Standarnya tetap standar Tebuireng," kata Khofifah.

Khofifah bersyukur mendapat ilmu yang banyak dari Gus Sholah, Khofifah bercerita sering mendampingi Gus Holah dalam pertemuan-pertemuan dengan kalangan-kalangan penting dan akademisi.

"Sehari bisa tiga kali beliau bertemu dengan berbagai kalangan. Sehingga saya juga ketetesan ilmu beliau," lanjut Khofifah.

Khofifah juga bercerita bahwa dirinya pernah dipanggil Gus Sholah di rumah sakit untuk berdiskusi. Padahal saat itu Gus Sholah mendapat larangan dari dokter untuk bertemu dengan siapapun karena Gus Sholah harus istirahat total.

"Saya dijemput anaknya lalu berdiskusi, berat lagi diskusinya. Gus Sholah sendiri selalu berpesan bahwa PR kita adalah pertama persatuan, kedua persatuan, dan ketiga persatuan. Beliau sering mengatakan itu," kenang Khofifah.

Sebelum Gus Sholah berpulang, Khofifah mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan kesembuhan Gus Sholah lantaran kabar jika kondisi kesehatan Gus Sholah tengah menurun.

Kondisi Gus Sholah diketahui terus menurun pasca menjalani bedah jantung pada Sabtu (1/2/2020). Tim dokter yang merawat Gus Sholah melakukan ablasi atau operasi untuk mengatasi gangguan irama jantung atau aritmia dengan menggunakan kateter yang dimasukkan ke dalam ruang dalam jantung.

"Mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan seluruh masyarakat Jawa Timur , saya menyampaikan duka cita mendalam seiring lantunan doa semoga Allah SWT menempatkan beliau di tempat terbaik di sisi-Nya, menerima semua amal ibadahnya, mengampuni seluruh khilaf dan memberikan ketabahan dan keikhlasan bagi keluarga besar Gus Sholah," ucap Khofifah.

Simak Video "Diiringi Doa, Gus Sholah Diberangkatkan ke Tebuireng"

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/fat)