Kades di Kediri Jadi Tersangka Gegara Gelar SE, Berkilah Itu Subiari Erlangga

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 19:49 WIB
kepala desa jadi tersangka karena gelar palsu
Supadi (baju batik)/Foto: Andhika Dwi Saputra
Kediri -

Seorang Kepala Desa di Kediri jadi tersangka. Ia dilaporkan karena dugaan pemakaian gelar palsu Sarjana Ekonomi (SE) di dalam surat menyurat kependudukan.

Kepala desa itu adalah Supadi, Kepala Desa/Kecamatan Tarokan. Supadi dituding memakai gelar palsu di setiap administrasi desa. Kasus itu mencuat setelah adanya laporan ke polisi yang dilakukan warganya.

"Tersangka ini kami kenakan Pasal 93 juncto Pasal 28 ayat 7 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi," ujar Kapolresta Kediri AKBP Miko Indrayana, Selasa (28/1/2020).

Miko mengatakan penetapan tersangka sudah melalui prosedur yang berlaku. Polisi sudah memeriksa saksi ahli. Menurut Miko, penyidik sudah mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya surat menyurat di desa, yang tersangka menyematkan gelarnya tersebut. Selain itu, pemakaian gelar tersebut dalam administrasi kependudukan seperti KK dan KTP.

"Kami sudah lakukan pemeriksaan saksi, bagaimana beliau mendapatkan gelar itu. Makanya kami panggil hari ini sebagai tersangka. Sesuai aturan panggilan pertama, langsung kami periksa. Kalau sekiranya beliau tidak hadir akan kita panggil kedua," kata Miko.

Supadi sendiri mengaku terzolimi atas penetapan tersangkanya ini. Supadi akan melakukan perlawanan. Supandi mengatakan dirinya telah menerima surat panggilan sebagai tersangka oleh penyidik Sat Reskrim Polresta Kediri.

Tonton juga Polisi Ungkap Investasi Bodong Bermodal Website Palsu :

Selanjutnya
Halaman
1 2