Meilani Alfira, Balita Gizi Buruk Kronis di Lamongan Miliki Penyakit Penyerta

Eko Sudjarwo - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 13:17 WIB
Penderita gizi buruk disambangi Bupati dan Wabup Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan - Tim dokter RSUD dr Soegiri Lamongan menemukan penyakit yang menyertai penderita gizi buruk yang dialami Meilani Alfira (2,8). Penyakit penyerta anak dari Dwi Novita (29) warga Desa Latukan, Kecamatan Karanggeneng, ini yakni sepsis atau infeksi yang penyebabnya dari bakteri.

Tim dokter masih terus mencari penyakit lain yang menyertai Alfira. "Yang jelas ketika masuk ke rumah sakit disertai panas. Hasil darahnya juga leukositnya tinggi, trombosit tinggi, ada sepsis juga yang disebabkan oleh bakteri yang menyebar ke seluruh tubuhnya," papar spesialis anak RSUD dr Soegiri Lamongan dr Aty Firsiyanti SpA kepada wartawan di RS, Selasa (14/1/2020).

Dia menuturkan tim dokter sebenarnya ingin cepat-cepat memberikan nutrisi pada Meilani Alfira. Hanya saja, kata Firsiyanti, saat mencoba memasukkan susu dengan kalori tinggi ternyata Alfira belum bisa menerima dan muntah.


"Masih kita cari susu yang cocok apa karena kemungkinan ada alergi. Jadi kita berikan susu yang dasarnya adalah kedelai atau soya," tambahnya.

Firsiyanti mengaku pengobatan balita tersebut membutuhkan waktu lama. Secara perlahan, jika kondisi ususnya sudah baik dan bisa menerima asupana makanan maka tim dokter akan mencoba kembali memberikan susu. Pemberian susu pun tidak bisa banyak dan disesuaikan dengan kondisi lambung Alfira.
Selanjutnya
Halaman
1 2