Delapan Ruas Jalan di Surabaya Akan Berubah Nama

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 19:44 WIB
Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya Khusnul Khotimah/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - DPRD Kota Surabaya telah membentuk Pansus terkait perubahan sejumlah nama jalan. Ada delapan jalan yang diusulkan Pemkot Surabaya ke DPRD.

Seperti Jalur Lingkar Luar Barat (JLLB) yang akan terbagi dua. Sepanjang 6.368 meter akan diberi nama Jalan Bung Hatta. Yang dimulai dari pertigaan Jalan Menganti hingga Jalan Sememi. Sedangkan 3.960 meter sisanya akan diberikan nama Jalan Bung Tomo.

Lalu Jalan Singapore (di kawasan Benowo), Jalan Kauman, Jalan Gendong depan Stadion Gelora Bung Tomo akan berubah menjadi Jalan Abdul Wahab Hasbullah dengan panjang 5.897 meter. Jalan Menganti (sebagian) akan diubah menjadi Jalan Komjen Pol M Yasin dengan panjang 4.021 meter. Mulai dari pertigaan Jalan Mastrip hingga pertigaan Jalan Babatan Unesa.


Jalan Sukomanunggal Jaya diubah menjadi Jalan Pangeran Antasari dengan panjang 1.114 meter. Mulai perempatan Jalan Kupang Jaya hingga Jalan Tanjung Sari Indah. Sementara di Jalan Raya Satelit, Jalan Darmo Harapan I dan Jalan Darmo Harapan III diubah menjadi Jalan Hassanudin dengan panjang 1.068 meter.

Sedangkan Jalan Bintang Diponggo diubah menjadi Jalan Slamet Riyadi dengan panjang 592 meter. Selanjutnya Jalan Bung Tomo diubah menjadi Jalan Kencana. Mulai dari Jembatan BAT hingga pertigaan makam Ngagel Rejo (Jalan Ngagel Rejo) dengan panjang 466 meter.

Pansus perubahan nama ruas jalan di Surabaya melakukan hearing di Komisi D DPRD Kota Surabaya. Yakni dengan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Surabaya dan juga ahli sejarah.
Selanjutnya
Halaman
1 2