Ribuan Pohon Ditanam di Kota Pasuruan untuk Warisan Oksigen ke Anak Cucu

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 11:17 WIB
Kapolres Pasuruan Kota menanam pohon (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Puluhan anggota Polres Pasuruan Kota menanam ribuan pohon di sejumlah tempat. Polisi ingin mewariskan pohon-pohon yang ditanam untuk generasi masa depan.

Penanaman sebanyak 1.500 pohon dilakukan di halaman Mapolres Pasuruan Kota dan seluruh mapolsek jajaran. Perwakilan instansi dari Forum Pimpinan Daerah juga ikut serta dalam penanaman.

"Maksud dan tujuan menanam pohon ini salah satunya menghijaukan mako-mako di wilayah Polres Pasuruan Kota dan sejumlah tempat yang masih kurang pohon. Yang utama, dampaknya lima hingga enam tahun ke depan pohon sudah besar dan bisa berkontribusi mengurangi bencana alam," kata Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander, Jumat (10/1/2020).


Dony mengatakan pihaknya ingin gerakan tanam pohon menjadi gerakan masif di jajarannya. Ia ingin kegiatan menanam pohon bukan hanya dilakukan saat ada bencana tapi dilakukan terus-menerus.

"Kami berharap ini jadi gerakan terus menerus di jajaran Polres Pasuruan Kota. Bisa saja nanti saat anggota naik pangkat, menikah atau ulang tahun, menanam pohon," terangnya.

Kapolres juga ingin gerakan menanam pohon bisa menular ke masyarakat dan terutama generasi muda.


"Kami wariskan berbagai manfaat ke anak cucu. Manfaat pohon ini sangat besar, bisa mencegah banjir, membuat lingkungan asri dan kita juga bisa mewariskan oksigen," terang Dony.

Ketua DPRD Kota Pasuruan Ismail Marzuki yang ikut menanam pohon, mengapresiasi kerja kepolisian. Pihaknya akan berkomunikasi dengan Pemkot Pasuruan agar lebih memberikan perhatian pada kegiatan-kegiatan penanaman pohon.

"Kita sangat mendukung, Pak Kapolres memberikan contoh yang baik terhadap Pemerintah Kota Pasuruan dan masyarakat. Kita akan ikuti, kita akan komunikasi dengan pemerintah agar lebih konsen pada gerakan penanaman," terang Ismail.


Tonton juga Tembok Wahana Wisata di Pasuruan Roboh Diterjang Hujan Angin :

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)