Round-Up

Ini Fakta-fakta Bule Belanda yang Bunuh Mantan Istri di Banyuwangi

Fatichatun Nadhiroh - detikNews
Sabtu, 28 Des 2019 07:29 WIB
Foto: Ardian Fanani

Di hadapan polisi, HT alias Abdullah yang menikah sejak 2014 lalu mengaku pernah menjadi korban percobaan pembunuhan yang dilakukan mantan istrinya. Dia pun hanya bertahan 2 tahun dengan korban. Tersangka HT mengaku sempat diracun oleh korban dengan kopi yang dicampur racun serangga.

Hal ini pernah diungkapkan bule Belanda itu saat mendatangi Kejaksaan Negeri Banyuwangi, pada 11 November 2019 lalu, kepada Kasi Intel Kejari Banyuwangi, Bagus Nur Jakfar Adi Saputro.

"Memang sempat bertemu dengan saya. Selain menanyakan kasus pencurian dia juga bercerita sempat diracun oleh sang istri. Katanya sempat tidak sadarkan diri selama dua hari usai minum kopi. Sempat panggil istrinya, karena dia berpikir akan mati. Dia datang, lalu ambil kursi dan tanya soal warisan, bukannya panggilkan dokter," ujar Bagus Nur Jakfar mengisahkan cerita HT saat di Kejari Banyuwangi, Selasa (24/12/2019).


Saat itu HT sebenarnya melaporkan dua perkara. Selain dugaan percobaan pembunuhan juga kasus pencurian uang yang diakunya sebanyak Rp 10 juta. Tapi pihak kepolisian hanya memproses kasus pencuriannya.

Sementara itu polisi mengupayakan pelaku diperiksa diperiksa kejiwaannya. Polisi memanggil psikolog untuk memastikan kondisi kejiwaan tersangka yang temperamental dan sering berubah-ubah dalam memberikan pernyataan dalam penyidikan.

Tes kejiwaan oleh psikolog, kata dia, bukan karena kecurigaan polisi jika HT mengidap gangguan jiwa. Namun terkait dengan depresi dan kebenaran pernyataan kepada penyidik terkait pembunuhan yang diduga dilakukannya.


"HT saat ditanya oleh penyidik mengalami kesulitan dan dugaan sementara masih banyak hal yang harus diungkapkan masih disimpan yang bersangkutan. Belum digelontorkan semua," tambahnya.

Perempuan setengah baya, Nur Hofiani (42), warga Jalan Citarum, Kelurahan Panderejo, Banyuwangi tewas di kamar rumahnya Lingkungan/Kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Polisi mengamankan pemilik rumah yang merupakan WN Belanda. HT (56) tahun sudah diamankan Polresta Banyuwangi pada Senin (23/12/2019).
(fat/iwd)