Bikin SIM A dan C di Kota Blitar Nanti Harus Sertakan Hasil Psikotes

Erliana Riady - detikNews
Sabtu, 14 Des 2019 17:36 WIB
Tes kesehatan rohani untuk pemohon SIM/Foto: Istimewa
Tes kesehatan rohani untuk pemohon SIM/Foto: Istimewa
Blitar - Pemohon SIM A dan C Kota Blitar wajib menyertakan surat lulus tes psikologis. Aturan baru ini akan berlaku mulai 16 Desember mendatang.

Payung hukum aturan ini, berdasarkan UU No 22 Tahun 2009 tentang persyaratan pemohon SIM perseorangan. Di Pasal 81 ayat 3 dituliskan, pemohon SIM harus memenuhi syarat kesehatan jasmani dengan menyertakan surat dari dokter. Dan sehat rohani dengan menyertakan surat lulus tes psikologis.

"Di Polres Blitar Kota, aturan itu kami berlakukan mulai Senin, 16 Desember 2019 mendatang," kata Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Haris Darma Sucipta saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (14/12/2019).


Pelaksana teknis psikotes ini, lanjutnya, merupakan lembaga psikologi yang telah melaksanakan MoU dengan Ditlantas Polda Jatim. Yakni Lembaga Musa Perkasa Berjaya.

Prosedurnya, lanjut Haris, sama seperti mendapatkan surat kesehatan. Jadi Satlantas hanya menjalankan apakah pemohon itu dapat rekomendasi sehat rohani untuk mendapat SIM.

"Tujuannya untuk mengurangi angka kecelakaan, karena faktor utama terjadinya laka lantas itu emosinya tidak stabil saat berkendara," imbuhnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2