Angin Kencang di Lamongan Tumbangkan Pohon dan Rusak Belasan Rumah

Eko Sudjarwo - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 20:41 WIB
Sebuah rumah tertimpa pohon (Foto: Eko Sudjarwo)
Sebuah rumah tertimpa pohon (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Lamongan membuat belasan rumah di Kecamatan Babat mengalami kerusakan. Tak hanya rumah, bangunan dapur sebuah pondok pesantren di Kecamatan Babat juga mengalami kerusakan.

Data yang dihimpun dari BPBD Lamongan menyebutkan, sejumlah rumah yang mengalami kerusakan terjadi di Desa Kuripan dan Desa Gendong Kulon.

"Di 2 desa ini belasan rumah mengalami kerusakan," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan, Muslimin pada wartawan, Rabu (11/12/2019).

Dikatakan Muslimin, di Desa Kuripan setidaknya terdapat 15 rumah yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang yang menyertai hujan. Kerusakan, menurut Muslimin, terjadi akibat atap genting yang terbang terbawa angin dengan estimasi kerusakan antara 20-30 Persen.


"Di Desa Kuripan ini juga ada kandang sapi milik Bapak Jamari (70) yang rusak total karena ambruk dan kerugian mencapai kurang lebih Rp. 15 juta," terang Muslimin.

Untuk di Desa Gendong Kulon, lanjut Muslimin, tercatat sebuah rumah mengalami kerusakan yaitu rumah milik Soleh (28) yang rusak total. Selain itu, kata Muslimin, warung milik Rusdi (35) yang juga rusak total dan juga bangunan dapur milik Pondok Pesantren Al Ikhlas yang ada di desa ini yang juga mengalami kerusakan.

"Perkiraan kerugian akibat terjangan angin yang terjadi di Desa Gendong Kulon sendiri mencapai puluhan juta rupiah," imbuhnya.


Sementara, warga Desa Gendong Kulon Nurhidayati membenarkan kejadian angin kencang yang menyertai hujan ini. Nur mengaku tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Selain rumah, kata Nur, banyak pohon juga yang tumbang.

"Iya kejadiannya pas hujan deras disertai angin, banyak pohon juga yang tumbang," terangnya. (iwd/iwd)