Jelang Libur Nataru, Kakorlantas Sebut Insfratruktur Jalan di Jatim Aman

Sugeng Harianto - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 19:41 WIB
Foto: Sugeng Harianto
Foto: Sugeng Harianto
Ngawi - Menjelang libur natal 2019 dan tahun baru 2020 (Nataru) Kakorlantas Polri Irjen Istiono melakukan pemantauan infrastruktur jalan di Jawa Timur. Dari hasil pengamatan oleh tim menunjukan bahwa ruas tol serta jalur arteri di Jatim dinyatakan baik dan aman siap menyambut libur Nataru.

"Kami meninjau beserta rombongan. Meninjau Jawa Timur bagaimana kesiapan Polda Jatim dan jajarannya termasuk instansi terkait. Tadi saya lihat, saya dengar persentase dari para dirlantas untuk infrastruktur di Jatim aman," terang Istiono kepada wartawan saat meninjau rest area KM 575 ruas tol Ngawi, Selasa, (10/12/2019).

Dikatakan Istiono, pengecekan tidak hanya dilakukan di jalur tol saja, namun juga jalur nasional arteri untuk memastikan kesiapan jalur mudik Natal dan tahun baru. Selain pemantauan Infrastruktur jalan, lanjut Istiono, polisi juga melakukan pengawasan terhadap gereja serta tempat wisata.


"Selain pemantauan jalur tol, jalur nasional seperti apa termasuk jalur-jalur menuju wisata seperti apa. Kemudian tempat juga, gereja, konsentrasi ekonomi seperti pelabuhan," kata Istiono.

Istiono menambahkan berdasarkan pemaparan oleh para Dirlantas dan Kasat Lantas menunjukkan kondisi wilayah di Jawa Timur semua dalam baik.

"Sudah disampaikan semuanya, oleh karena itu artinya bahwa kesiapan jajaran wilayah Jawa Timur sampai ke ujung ini sudah siap. Semua baik dari sarana perlengkapan semua termasuk koordinasi lintas sektor udah kuat," kata Istiono.


Sementara itu, Kapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisianto mengatakan pihaknya juga telah siap menghadapi pengamanan arus mudik dan balik perayaan natal 25 Desember 2019 dan tahun baru 2020.

"Alhamdulillah untuk kesiapan dalam menghadapi pengamanan arus mudik dan balik Natal 2019 dan Tahun baru 2020 ada pesan dari kakorlantas agar memperhatikan konsep keselamatan. Bahwa pengamanan adalah misi kemanusiaan maka disinergikan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat. Kakorlantas juga mengapresiasinkan sinergitas antar instansi di wilayah Jawa timur," kata Dicky.




Tonton juga video Survei Kemenhub: 60% Pemudik Nataru Gunakan Transportasi Darat:

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)