Genjot Layanan Publik, Pemkab Trenggalek Gelar Festival Inovasi

Adhar Muttaqin - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 17:34 WIB
Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek - Untuk menggenjot optimalisasi layanan publik, Pemkab Trenggalek menggelar festival inovasi. Selain itu pemerintah juga meluncurkan beberapa layanan berbasis digital.

Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin, mengatakan dalam Trenggalek Innovation Festival (TIF) 2019 ini, pihaknya menampilkan seluruh inovasi layanan publik yang dimiliki masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Inovasi digital dan non digital tersebut.

"Saya ingin jadi kepala daerah yang punya visi sama dengan presiden. Presiden bilang, inovasi jadikan budaya, maka kita mulai, Trenggalek harus punya inovasi. Kami mendorong agar semua OPD punya inovasi," kata Bupati Nur Arifin, Kamis (21/11/2019).


Dengan adanya peningkatan layanan publik tersebut diharapkan para ASN dapat menjalankan tugasnya secara maksimal. Sedangkan masyarakat dapat menikmati manfaat dari inovasi yang dikeluarkan. Bahkan masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam peningkatan layanan melalui kritik dan saran yang diberikan melalui berbagai platform.

Dia menjelaskan, dari sekian inovasi yang diciptakan jajaran OPD, beberapa di antaranya adalah peluncuran Smart Center. Pusat layanan itu rencananya akan menjadi bank data dari seluruh instansi yang ada di Trenggalek.

"Harapan kami adalah kita memiliki satu data, sehingga tidak ada data yang simpang siur dan bisa dimanfaatkan untuk berbagi kepentingan layanan publik," ujarnya.


Selain itu pihaknya juga meluncurkan program Sekolah perempuan disabilitas anak dan kelompok rentan lainnya (Sepeda Keren). Program ini memberikan berbagai pelatihan kepada sejumlah kelompok perempuan dan rentan untuk mendapatkan edukasi dan peningkatan kapasitas sehingga bisa lebih mandiri dan memiliki kesetaraan dengan kaum lelaki.

"Kita tidak melawan kaum lelaki, tapi melalui Sepeda Keren, kami ingin perempuan bisa melengkapi," kata Ketua Penggerak PPK Trenggalek, Novita Hardini.


Tonton juga Serunya Berwisata Alam dan Main Permainan Tradisional di Trenggalek :



Selanjutnya
Halaman
1 2