detikNews
Minggu 10 November 2019, 17:35 WIB

Labfor Selidiki Penyebab Kebakaran Pasar Ngunut Tulungagung

Adhar Muttaqin - detikNews
Labfor Selidiki Penyebab Kebakaran Pasar Ngunut Tulungagung Tim labfor sedang bekerja menyelidiki penyebab kebakaran (Foto: Adhar Muttaqin)
Tulungagung - Petugas Labfor Mabes Polri cabang Surabaya melakukan penyelidikan untuk mencari titik awal api sekaligus penyebab kebakaran di Pasar Ngunut Tulungagung.

Salah satu titik fokus yang diteliti tim labfor berada di bekas bangunan los bagian selatan pasar. Lokasi itu diduga titik awal munculnya api yang menyebabkan kebakaran.

"Kami di sini menentukan lokasi api awal kebakaran. Sudah kami tentukan yakni di los milik Pak Budi, itu jualannya asesoris," kata Kabid Labfor Polda Jatim Kombes Pol Kusnadi, Minggu (10/11/2019).


Di lokasi itu tim labfor mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya abu sisa kebakaran, lampu, dan beberapa benda lain untuk diteliti di laboratorium forensik.

"Kami masih belum bisa menyebutkan apa penyebabnya (kebakaran), setelah mindik saya terima, mungkin sekitar 7 hari lagi," ujarnya.


Kusnadi menambahkan, proses penelitian di lokasi bekas kebakaran telah rampung dan tidak dibutuhkan lagi untuk penelitian lanjutan. Selanjutnya tim labfor akan fokus meneliti sampel yang dibawa guna menentukan penyebab pasti kebakaran.

Sebelumnya Pasar Ngunut Tulungagung ludes terbakar pada Jumat (8/11/2019) pukul 17.30 WIB. Delapan unit mobil damkar dikerahkan ke lokasi kejadian untuk melakukan upaya pemadaman. Di komplek pasar tradisional tersebut terdapat 500 kios dan lapak dengan jumlah pedagang yang beroperasi mencapai 800 orang.


Simak juga video "Ratusan Kios di Pasar Ngunut Tulungagung Terbakar" :

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com