detikNews
Jumat 08 November 2019, 16:51 WIB

Polantas Malang Ajak Aremania Tertib Berlalu Lintas, Ini Seruannya

Muhammad Aminudin - detikNews
Polantas Malang Ajak Aremania Tertib Berlalu Lintas, Ini Seruannya Pamflet lucu di Malang (Foto: Istimewa)
Malang - Cara unik dan kreatif dilakukan Satlantas Polres Malang mengajak Aremania tertib berlalu lintas. Dengan jalan membuat Meme (pamflet) yang berisi narasi kocak. Seruan ini menyebar luas di media sosial.

Seperti yang dilihat detikcom di banyak akun instagram, meme yang mengajak suporter Arema FC memakai helm saat berkendara menuju Stadion Kanjuruhan yang berlokasi di Kepanjen, Kabupaten Malang.

'Lek Aremania tertib, Polisine los gak Rewel', ada juga 'Kreatif di Lapangan, tertib di jalan'.

Narasi dengan gaya bahasa Jawa Timur-an tak lupa juga dibuat. 'LEK BUDAL KANJURUHAN, OJO LALI NGAWE HELM YO MAS (Kalau berangkat Kanjuruhan, Jangan Lupa Pakai Helm Ya mas)," begitu narasi yang tertulis dalam pamflet berlatar belakang nuansa keriuhan suporter Aremania itu.

Kasatlantas Polres Malang AKP William Thamrin Simatupang menuturkan, pamflet-pamflet itu memang bertujuan mengajak Aremania dan Aremanita tertib dalam berlalu lintas.

"Iya ini, adalah salah satu strategi kami, dari Satlantas Polres Malang. Karena kita sama-sama tahu Aremania banyak di dominasi kaum milenial. Cara dan pendekatan pun harus menyesuaikan, agar bisa diterima milenial," kata kasatlantas saat ditanya banyak menyebarnya pamflet kocak itu di media sosial, Jumat (8/11/2019).


Dia mengaku, sengaja mendesain flyer atau pamflet berisi tentang etika berkendara dan tertib berlalu lintas semenarik mungkin.

"Dan sejenaka mungkin, agar pesan-pesan yang ingin kami sampaikan bisa diterima oleh rekan-rekan Aremania dan Aremanita, untuk lebih kooperatif dalam berkendara di jalan raya," ujar mantan Kasatlantas Polres Ponorogo ini.

Kasatlantas mengatakan, tertib berlalu lintas juga memiliki tujuan untuk keselamatan selama berkendara, menekan angka kecelakaan dan ini benar-benar harus diperhatikan. Seperti mengenakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI). Selain melengkapi dokumen atau surat kelengkapan kendaraan.

"Tertib berlalu lintas, juga mengedepankan perilaku selama berkendaraan. Sopan selama perjalanan, tidak kebut-kebutan dan menghormati pengendara lain," urainya.

"Seruan tertib berlalu lintas, juga memiliki tujuan utama menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Hal ini dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas. Apabila hal itu dipenuhi, maka saya yakin dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas," terangnya.


Pihaknya berharap, untuk sopan dan tertib berlalu lintas, akan bisa ditunjukkan oleh Aremania pada hari ini. Karena, semua tahu hari ini merupakan Aremaday. Arema FC akan menjamu Madura United di Stadion Kanjuruhan.

"Kita sama-sama tahu hari ini (Jumat, 8 Nov 2019) adalah Arema day. Kita berharap hasil yang terbaik bagi tim Arema FC dan tentunya apapun hasilnya, harus diikuti dengan perilaku rekan-rekan Aremania yang dewasa, dan yang selalu menaati peraturan atau ketentuan yang berlaku, baik di dalam maupun diluar stadion," pungkasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com