detikNews
Senin 04 November 2019, 11:43 WIB

Pengungsi Wamena Asal Ponorogo Geruduk Rumah Dinas Bupati

Charoline Pebrianti - detikNews
Pengungsi Wamena Asal Ponorogo Geruduk Rumah Dinas Bupati Bupati Ipong saat menemui pengungsi Wamena (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo - Sebanyak 23 orang pengungsi asal Wamena, Papua menggeruduk rumah dinas Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. Mereka mendesak Pemkab agar segera membantu mencarikan pekerjaan.

"Kami ingin dibantu soal bantuan, masalah administrasi kependudukan dan pekerjaan," tutur salah satu pengungsi Erisa Dwi Siswandani kepada detikcom di lokasi, Senin (4/11/2019).

Para pengungsi langsung ditemui oleh Bupati dan Kepala Dinas Sosial Supriyadi. Puluhan warga yang terdiri dari 15 KK mendapatkan bantuan Rp 5 juta dari Pemkab dan Rp 2 juta dari PMI per masing-masing KK.

"Bantuan sudah diberikan, untuk yang pekerja swasta dijadikan modal usaha. Kalau yang PNS, dijanjikan diuruskan perpindahan dari Wamena ke Ponorogo," terang dia.

Sementara, Bupati Ipong menjelaskan pemberian bantuan kenapa baru terlaksana saat ini sebab terkendala dengan aturan. Menurutnya tidak ada daerah lain yang membantu pengungsi dari Wamena seperti yang dilakukan oleh Pemkab Ponorogo.


"Jadi kita beberapa minggu ini mencoba mencari rujukan aturan yang mungkin bisa kita gunakan. Dan baru sekarang ini bisa kita berikan," kata Ipong.

Sebagai contoh, lanjut Ipong, Pemkab Ponorogo mengeluarkan uang Rp 100 juta untuk bansos yang tidak direncanakan menurut ketentuan, syaratnya orang tersebut harus miskin serta kalau tidak dikasih uang orang tersebut bisa sekarat.

"Nah ini kan, mereka tidak memenuhi semua syarat itu," tukasnya.

Ipong menambahkan pihaknya mencoba mencari cara agar tetap bisa membantu para pengungsi dengan cara tertentu dan tidak menabrak aturan yang ada.

Caranya dengan memberikan bantuan uang namun dengan jumlah nominal yang sesuai dengan kondisi para pengungsi.


"Maksimal bantuan itu Rp 5 juta per KK, itu makanya kenapa keluar angka segitu," paparnya.

Ipong pun menegaskan bakal mengurus izin pindah kerja PNS dari Wamena ke Ponorogo. Mengurus izin tersebut harus sesuai dengan aturan karena pindah antar provinsi.

"Kita nanti yang urus, tapi agak lama karena menyangkut aturan," pungkas dia.




Tonton video Komnas HAM: Korban Tewas Rusuh Wamena Bukan Hanya Pendatang:

[Gambas:Video 20detik]




(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com