Ini Rencana Pemkab Lamongan Jika Perahu Baja Diangkat dari Bengawan Solo

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 02 Nov 2019 10:28 WIB
Proses ekskavasi perahu baja/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Perahu baja yang terpendam di dasar Sungai Bengawan Solo mulai diekskavasi. Lalu apa yang akan dilakukan Pemkab Lamongan terhadap perahu baja yang diduga peninggalan masa kolonial tersebut?

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan ternyata sudah memiliki rencana terkait perahu baja itu. Rencana pertama, sesuai dengan saran dari Tim Kemendikbud yakni menyimpannya di kantor Disparbud Lamongan.

"Berdasarkan petunjuk dari tim Kemendikbud perahu baja yang diperkirakan berjumlah 3 buah ini bisa diletakkan di Kantor Disparbud Lamongan," kata Kepala Disparbud Lamongan Ismunawan pada wartawan, Jumat (1/11/2019).


Pilihan lainnya, terang Ismunawan, yakni ditempatkan di lokasi Wisata Waduk Gondang sebagai koleksi tempat wisata tersebut. Ismunawan berharap, dengan diletakkan di lokasi wisata Waduk Gondang, perahu-perahu ini akan membangkitkan gairah masyarakat untuk berkunjung ke objek wisata yang berada di Kecamatan Sugio, Lamongan itu.

"Tadi sudah kita usulkan ke tim dari Kemendikbud dan meminta izin agar perahu baja ini bisa diletakkan di lokasi wisata Waduk Gondang untuk menjadi salah satu koleksi di sana," kata Kepala Disparbud Lamongan, Ismunawan, Jumat (1/11/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2