Berkas Lengkap, Mak Susi Siap Dikirim ke Kejaksaan Hari Ini

Berkas Lengkap, Mak Susi Siap Dikirim ke Kejaksaan Hari Ini

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 31 Okt 2019 07:13 WIB
Tri Susanti alias Mak Susi (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Tri Susanti alias Mak Susi (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Berkas kasus tersangka dugaan provokasi, penyebaran hoaks dan ujaran kebencian di Asrama Mahasiswa Papua, Tri Susanti atau Mak Susi telah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim. Rencananya, pelimpahan tahap II Mak Susi akan dilakukan hari ini.

Pelimpahan tahap dua yakni menyerahkan atau melimpahkan tersangka dan barang bukti. Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan jika berkas Mak Susi telah lengkap, pihaknya akan segera melakukan pelimpahan tahap II.


"Begitu JPU menyatakan lengkap P21 secepatnya kita limpahkan," kata Barung saat dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (31/10/2019).

Sementara itu, kuasa hukum Mak Susi, Sahid mengatakan pelimpahan berkas ini akan digelar sekira pukul 10.00 WIB. Sahid berharap kasus ini segera masuk ke persidangan agar pihaknya bisa mengungkap fakta kejadian.


"Harapannya segera disidang. Saya sebagai kuasa hukum Ibu Tri Susanti bisa mengungkap fakta-fakta yang sebenarnya, biar masyarakat bisa menilai," ucap Sahid.

Tak hanya Mak Susi, dari informasi yang dihimpun detikcom, ada dua tersangka lain yang berkasnya telah dinyatakan P21 atau lengkap. Yakni pegawai kecamatan di Surabaya yang menjadi tersangka ujaran rasialisme, Syamsul Arifin hingga Andria Adriansyah yang mengunggah konten hoaks di akun YouTube-nya.



Tonton video Saksi Mata: Insiden Asrama Papua:

[Gambas:Video 20detik]



(hil/iwd)