Sambut Hari Santri, Polres Magetan Buka Layanan One Juz One SIM

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 22 Okt 2019 14:39 WIB
Poltres Magetan membuat layanan one juz one SIM di Hari Santri (Foto: Istimewa)
Magetan - Menyambut Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober hari ini, Sat Lantas Polres Magetan membuat layanan permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis bagi santri. Ini syaratnya.

Kasat Lantas Polres Magetan AKP Ega Prayudi mengatakan layanan 'One Juz One SIM' khusus untuk hari ini saja. Sebab, layanan itu memang khusus untuk menyambut Hari Santri.


"Layananannya cuma hari ini dari tadi pagi. Memang khusus untuk santri dalam rangka menyambut Hari Santri 2019," kata Ega kepada detikcom, Selasa (22/10/2019).

Menurut Ega, meskipun seluruh biaya permohonan SIM telah ditanggung oleh polisi, namun para santri harus memenuhi beberapa syarat untuk mendapatkan SIM. Syarat tersebut antara lain harus hapal 1 juz dan lahir tepat pada tanggal 22 Oktober atau bertepatan pada Hari Santri.

"Ya minimal harus hapal 1 juz Alquran. Ada nanti petugas yang menerima setoran hapalannya. Kedua harus lahir tepat di Hari Santri," tutur polisi yang juga putra dari Tukul Arwana itu.


Ditanya apakah ada yang mendaftar di layanan One Juz One SIM?, ia menyebut ada beberapa santri yang telah mendaftar dan telah mengikuti prosesnya.

"Ada, tadi kita catat 5 sampai 7 santri yang telah datang dan mendaftar One Juz One SIM," pungkasnya. (fat/iwd)