detikNews
2019/10/15 18:09:20 WIB

Hari Tanpa Bayangan, Warga Banyuwangi Antusias Lakukan Percobaan

Ardian Fanani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hari Tanpa Bayangan, Warga Banyuwangi Antusias Lakukan Percobaan Dua pelajar sedang melakukan percobaan terkait hari tanpa bayangan di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Fenomena kulminasi matahari di mana benda tak memiliki bayangan di Banyuwangi disambut antusias oleh warga. Sejumlah siswa dan masyarakat melakukan percobaan untuk membuktikan hari tanpa bayangan.

Seperti yang dilakukan para siswa SMKN 1 Banyuwangi. Mereka rela berpanas-panasan di bawah terik matahari, tepat pukul 11.08 WIB.

Irma dan Farid melakukan percobaan dengan tumbler dan botol mineral. Mereka mengamati botol yang tak memiliki bayangan. Rupanya saat matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit dan tepat berada di atas kepala atau di titik zenit, bayangan benda hilang, menyatu dengan benda tersebut. Hal ini berlangsung tidak lebih dari 1 menit.

Percobaan terkait hari tanpa bayangan di Banyuwangi/Percobaan terkait hari tanpa bayangan di Banyuwangi/ Foto: Ardian Fanani


"Tiap detik kita catat. Memang benar di Banyuwangi tepat jam 11 lebih 8 menit dan 24 detik bayangan hilang atau menyatu dengan benda. Bayangan hilang sekitar satu menitan," ujar Farid kepada detikcom, Selasa (15/10/2019).

Irma menambahkan, menurutnya meski Banyuwangi mendapatkan penyinaran matahari lebih awal, namun tidak pertama kali mendapatkan titik kulminasi. Sebab yang dihitung bukanlah titik pada perputaran matahari di porosnya, namun perpindahan semu matahari dari bujur dan lintang.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com