Round-Up

Rindu Anak pada Ibunda yang Telah Tiada Memaksanya Membongkar Pusara

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Selasa, 15 Okt 2019 08:17 WIB
Sumarto telah dimakamkan kembali (Foto: dok. Istimewa)
Sumarto telah dimakamkan kembali (Foto: dok. Istimewa)
Probolinggo - Seorang pria di Probolinggo viral setelah membongkar makam ibunya sendiri. Meski pada akhirnya diketahui bahwa pria itu mengidap gangguan jiwa, pengakuannya yang rindu pada sang ibu membuatnya nekat membongkar kuburan dan membawa kembali jenazah sang ibu ke rumah.

Pria itu adalah Nasir. Pria 45 tahun itu membongkar makam ibunya pada Jumat (11/10). Seorang diri, Nasir menggali dan mengangkat jenazah ibunya, Sumarto (70), yang sudah terkubur 37 hari lamanya di pemakaman umum di Desa Kedungsumur, Kecamatan Pakuniran, Probolinggo.

"Makam Bu Sumarto dibongkar anaknya pada Jumat (11/10), lalu dimakamkan kembali pada Minggu (13/10)," ujar Kapolsek Pakuniran Iptu Habi Sutoko saat dihubungi detikcom, Senin (14/10/2019).


Habi mengatakan, setelah jenazah diangkat dari liang lahat, Nasir memasukkannya ke dalam karung agar tak dilihat warga. Jenazah Sumarto 'menginap' dua hari sebelum Sul, kakak Nasir, mengetahuinya.

Nasir, yang mengetahui adiknya menderita gangguan jiwa, segera membujuknya dan akhirnya Nasir bersedia memakamkan kembali ibunya. Disertai warga, jenazah Sumarto akhirnya dibawa kembali ke pemakaman.

Dalam video yang viral, terlihat Nasir meletakkan kembali jenazah ibunya ke dalam liang lahat. Tak ada yang membantu Nasir karena diduga jenazah Sumarto sudah berbau. Dan ada kekhawatiran warga terhadap tingkah laku Nasir bila turut campur.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3