detikNews
2019/10/14 14:18:49 WIB

Mahasiswa Tolak Event World Tobacco Asia yang Digelar di Surabaya

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Halaman 1 dari 2
Mahasiswa Tolak Event World Tobacco Asia yang Digelar di Surabaya Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Puluhan mahasiswa tergabung dalam Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) menggelar aksi di Balai Kota Surabaya. Mereka memprotes event World Tobacco Asia (WTA) 2019 yang rencananya digelar di Surabaya, 16-17 Oktober 2019.

Mereka membawa spanduk yang dipenuhi tanda tangan atas penolakan event WTA. Selain itu mereka membawa berbagai poster bertuliskan: 'WTA Penjajah Baru Berkedok Investor','Rokok Bukan Budayaku, WTA bukan seleraku'.

"Tolak, Tolak WTA, Tolak WTA di Surabaya, Tolak WTA di Indonesia," teriak orator aksi di depan Balai Kota Surabaya, Senin (14/10/2019).

Tak lama berorasi, sebagian dari mereka diterima pihak BPB Linmas yang mewakili wali kota. Namun saat dipersilakan masuk dan berdialog, para mahasiswa menolak. Mereka bersikukuh agar ditemui Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan menyatakan sikap untuk penolakan terhadap even WTA.


Setelah terjadi perdebatan antara mahasiswa dan perwakilan pemkot, akhirnya mereka kembali melakukan orasi di luar. Kegiatan WTA antara lain memamerkan dan mendiskusikan pemasaran produk rokok yang jadi faktor risiko utama penyakit tidak menular itu.

Korlap aksi dari ISMKI Ahmad Syauqi mengatakan event World Tobacco Asia (WTA) 2019, bertentangan dengan langkah Pemkot Surabaya dalam menegakkan Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

"Kami melakukan aksi kepada Wali Kota Surabaya, terkait adanya pelaksaan WTA 2019. Yang kami lihat di website penyelenggara bahwa akan dilaksanakan tanggal 16-17 Oktober 2019," kata Ahmad Syauqi kepada wartawan di Balai Kota Surabaya, Senin (14/10/2019).

"Ini tidak sejalan dengan penegakan perda KTR. Paradigma sehat dan tidak sejalan dengan kota layak anak diperoleh Kota Surabaya. Dan juga tidak sejalan dengan peraturan pemerintah No 109 tahun 2012 terkait tembaku rokok. Kami nilai bahwa menolak World Tobacco Asia ini," ujarnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com