detikNews
2019/10/12 08:37:45 WIB

Tiga Siswi SMK di Tulungagung Juarai Kompetisi Animasi Nasional

Adhar Muttaqin - detikNews
Halaman 1 dari 3
Tiga Siswi SMK di Tulungagung Juarai Kompetisi Animasi Nasional Tiga siswi SMK yang juara kompetisi animasi/Foto: Adhar Muttaqin
Tulungagung - Tiga siswi SMK Negeri I Boyolangu Tulungagung menyabet juara pertama dalam kompetisi animasi tingkat nasional. Kompetisi tersebut digelar di Malang.

Tiga animator muda tersebut yakni Atika Kristi Jungsi Ayuningtyas, Isnain Putri Rahmawati dan Tita Ahsana Prameswari. Mereka siswi Kelas XI Jurusan Animasi SMKN I Boyolangu.

Sedangkan karya yang berhasil menyabet juara yakni film animasi dua dimensi berdurasi 2.36 menit. Film tersebut mengangkat cerita pemanfaatan teknologi Virtual Reality (VR) sebagai media pembelajaran.

"Kejuaraan yang kami ikuti ini adalah NIT Competition yang digelar oleh Universitas Negeri Malang (UM). Dalam kompetisi ini kami bersaing dengan animator SMK dan sederajat dari berbagai daerah di Indonesia," kata Atika Kristi saat dikonfirmasi, Sabtu (12/10/2019).

Dalam kompetisi itu, kelompoknya sengaja menggarap film pendek tentang VR. Itu karena dinilai cukup berpotensi untuk dimanfaatkan dalam peningkatan pendidikan dan relevan dengan tema yang diwajibkan panitia. Yakni "Technology Innovation for Great Education".

"Dalam video ini kami menceritakan seorang anak SD yang menggunakan VR untuk menyaksikan peristiwa sejarah serangan 10 November di Surabaya. Beberapa pertimbangan memilih tema itu karena bernilai sejarah dan pendidikan. Kemudian peristiwa penting yang terjadi di Jawa Timur," ujarnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com