Parkir Sepeda Motor Penuh, Ribuan Mahasiswa Jalan Kaki ke DPRD Jatim

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 26 Sep 2019 15:08 WIB
Parkir kendaraan pedemo hingga di depan BG Junction. (Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya - Ribuan mahasiswa masih terus berdatangan menuju gedung DPRD Jawa Timur di Jalan Indrapura. Akibatnya arus lalu lintas menuju Tugu Pahlawan macet total.

Pantauan detikcom di lokasi, para mahasiswa yang berdatangan hampir semuanya menggunakan kendaraan roda dua. Mereka memarkir kendaraannya hingga memenuhi area Tugu Pahlawan dan sekitarnya.

Karena parkir dan kondisi arus lalu lintas macet total, para mahasiswa akhirnya memarkir motor di sekitar simpang empat Jalan Blauran atau tepatnya di depan BG Junction.


"Kondisinya sudah diblok oleh adik-adik mahasiswa maupun pelajar. Jadi dari arah Tunjungan (Embong Malang) bisa belok kanan ke arah Praban," kata petugas Dishub Khairul Maliki kepada detikcom di lokasi, Kamis (26/9/2019).

"Di sana (Tugu Pahlawan dan Indrapura) parkirannya penuh dan sudah stuck (macet), tidak bisa jalan. Akhirnya parkir di depan BG Junction semua. Mereka (mahasiswa) akhirnya jalan semua ke sana (DPRD Jatim)," tambah Maliki.

Parkir pendemo hingga di depan pusat perbelanjaan BG Junction/Parkir pedemo hingga di depan pusat perbelanjaan BG Junction. (Amir Baihaqi/detikcom)

Menurut Maliki, akses menuju ke gedung DPRD Jatim memang hanya satu jalan, yakni dari Jalan Blauran. Sebab, saat ini akses jalan lainnya, yakni Jalan Yos Sudarso, ditutup karena ada pembangunan proyek Alun-Alun Suroboyo.


"Kan ini juga karena imbas Jalan Yos Sudarso ditutup. Berhubung di sana ditutup, semua menumpuk di sini," terang Maliki.

Meski terjadi penumpukan kendaraan di sekitar simpang empat, petugas tidak menutup total atau membuat rekayasa lalu lintas. Sebab, petugas masih membuka satu sisi jalan Bubutan menuju Tugu Pahlawan atau Jalan Indrapura.

"Jadi ini kita cuma pakai satu bahu jalan (Bubutan). Tapi di sana (Indrapura) sudah lautan manusia," pungkasnya.



Lantunan Asmaul Husna dari Polwan Surabaya Sambut Para Demonstran:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)