detikNews
2019/09/19 13:37:04 WIB

Ini Penampakan Petirtaan Suci Majapahit Usai 10 Hari Ekskavasi

Enggran Eko Budianto - detikNews
Halaman 1 dari 3
Ini Penampakan Petirtaan Suci Majapahit Usai 10 Hari Ekskavasi Petirtaan suci peninggalan Majapahit (Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang - Selama 10 hari ekskavasi, tim arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim berhasil menampakkan hampir seluruh bagian petirtaan suci peninggalan Majapahit di Jombang. Situs purbakala ini berbentuk persegi panjang dengan luas 20x17 meter persegi.

Struktur dari bata merah kuno di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, ini sebelumnya terkubur di dasar sendang. Setelah diekskavasi selama 10 hari, seluruh bagian dinding petirtaan telah tampak. Hampir semua bagian situs ini tersusun dari bata merah kuno dengan ukuran 38x23x7-9 cm.

Dinding yang terbentang dari utara ke selatan sepanjang 20 meter. Sedangkan dinding dari arah barat ke timur sepanjang 17 meter. Rata-rata ketebalan kolam purba ini mencapai 80 cm. Kedalaman kolam mencapai 2 meter dengan lantai berupa tatanan bata merah kuno. Sayangnya, bagian lantai sudah banyak yang rusak.


"Pintu masuk kami perkirakan di sebelah timur sehingga bangunan ini diperkirakan menghadap ke timur. Jalur air masuk di sebelah barat, jalur pembuangan air di sebelah utara," kata arkeolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho kepada wartawan di lokasi ekskavasi, Kamis (19/9/2019).

Petirtaan ini ditemukan di dalam embung Dusun Sumberbeji. Struktur paling atas dari bangunan kuno ini berjarak sekitar 3 meter dari permukaan tanah. Kolam ini dibangun di atas tanah padas yang mempunyai karakter kedap air.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com