detikNews
Kamis 12 September 2019, 19:59 WIB

Diterpa Angin Kencang, Atap 5 Rumah Warga di Situbondo Terbang

Ghazali Dasuqi - detikNews
Diterpa Angin Kencang, Atap 5 Rumah Warga di Situbondo Terbang Petugas BPBD menunjukkan atap rumah warga terlepas tertiup angin kencang. (Foto: Ghazali Dasuqi)
Situbondo - Tiupan angin kencang menyapu sebagian wilayah Situbondo. Sedikitnya lima rumah warga di Kecamatan Asembagus rusak terkena dampak.

Bagian atap rumah warga berjatuhan hingga pecah berantakan. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun cedera dalam angin kencang tersebut.

"Tidak ada korban dalam musibah angin kencang tadi siang. Hanya ada lima rumah yang mengalami kerusakan ringan. Rata-rata rusak di bagian atapnya," kata Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, Kamis (12/9/2019).


Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan angin kencang itu terjadi secara tiba-tiba saat cuaca panas siang tadi. Warga yang tak menyangka bakal ada angin kencang pun sempat dibuat panik. Sebagian langsung berlarian keluar dari rumah menyelamatkan diri ke tempat lapang.

Beruntung, angin kencang yang menyapu sebagian wilayah Kecamatan Asembagus itu tak berlangsung lama. Namun, ada lima rumah warga di Dusun Gedangan, Desa Wringinanom, Kecamatan Asembagus, yang rusak. Atap rumah warga berbahan asbes dan genting sebagian berjatuhan hingga pecah berantakan.

Lima rumah rusak itu milik Sukardini (70), yang dihuni 2 jiwa; milik Nasir (55), yang dihuni 3 jiwa; rumah milik Hendra (50), yang dihuni 2 jiwa; rumah milik Mudawir (55), yang dihuni 5 jiwa; dan rumah milik Munawar (65), yang dihuni 6 jiwa.


Tak lama setelah kejadian, warga setempat berdatangan ke lokasi kejadian. Tak hanya melihat, mereka langsung bergotong royong membersihkan puing reruntuhan rumah yang terkena dampak angin kencang tersebut.

"Tadi kami juga sudah menurunkan personel ke lokasi untuk membantu warga. Kami juga berkoordinasi dengan aparat desa dan muspika setempat terkait musibah bencana ini," tukas Puriyono.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com