detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 16:23 WIB

Duh, Hakim di Pengadilan Surabaya Terfoto Main HP Saat Sidang

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Duh, Hakim di Pengadilan Surabaya Terfoto Main HP Saat Sidang Hakim Julien Mamahit main HP saat sidang berlangsung (Foto: Istimewa)
Surabaya - Seorang hakim di Pengadilan Negeri Surabaya kedapatan asyik menggunakan HP saat sidang sedang berlangsung. Bahkan hingga sidang berakhir, hakim tersebut masih asyik mengutak-atik HP-nya.

Dari data yang dihimpun detikcom, hakim yang asyik bermain HP tersebut adalah Julien Mamahit. Saat itu Julien bersama dua hakim lainnya sedang menyidangkan perkara pidana terkait undang-undang pangan dengan terdakwa Soe Pek Bie di ruang Cakra, Selasa (16/7).

Humas pengganti sementara Pengadilan Negeri Surabaya Martin Ginting mengaku pihaknya belum mengetahui kejadian tersebut. Pihaknya akan mengkonfirmasikan kepada hakim yang bersangkutan terlebih dahulu.


"Sebenarnya kerja hakim itu memimpin sidang. Kalau ada oknum-oknum seperti itu ya, apakah main HP atau lagi mengisi SIPP (sistem informasi penelusuran perkara) atau bagaimana. Karena aplikasi ini sebenarnya sudah online," kata Martin kepada detikcom, Rabu (17/7/2019).

Martin mengatakan saat ini hakim juga dikejar untuk mem-publish pekerjaannya. Untuk tugas itu Hakim-hakim bisa menggunakan alat komunikasi HP. Tetapi Martin belum bisa memastikan apakah yang bersangkutan saat itu sedang bermain game atau pun yang lain di HP-nya.

"Saya tidak pasti, apakah orangnya main game atau main apa. Tapi bukan tidak boleh. Kadang-kadang kalau kita memanggil, sekarangkan alat komunikasi. Tapi memang harus bertanggung jawab. Kalau untuk kepentingan persidangan boleh sah. Tapi kalau untuk main, yang namanya sidang kan gak boleh main kan begitu. Itulah seharusnya," jelas Martin.


Atas temuan tersebut, Martin berjanji akan mengomunikasikan dengan pimpinan Pengadilan Negeri Surabaya.

"Saya tidak bisa pastikan orang bermain apa. Bener nggak memang main-main atau sedang mengurus apa, nanti saya konfirmasikan ke yang bersangkutan dan kami akan koordinasikan dengan pimpinan," tandas Martin.




(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com