detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 13:35 WIB

Polemik Konfercab Surabaya, DPP PDIP Keluarkan Surat Instruksi

Amir Baihaqi - detikNews
Polemik Konfercab Surabaya, DPP PDIP Keluarkan Surat Instruksi Surat instruksi (Foto: Istimewa)
Surabaya - Ketidakpuasan sejumlah PAC PDIP di Surabaya terkait konfercab yang menunjuk Adi Sutarwijono sebagai ketua DPC PDIP didengar oleh pusat. Menanggapi hal itu, DPP PDIP akhirnya mengeluarkan surat instruksi.

Surat instruksi bertanggal 10 Juli dan bernomor 5606/DPP/VII/2019 itu menginstruksikan kepada DPD PDIP Jatim untuk menggelar pertemuan internal bersifat tertutup dengan PAC seluruh Surabaya. Adapun agenda dalam pertemuan itu yakni menjelaskan peraturan partai (PP) 28 tahun 2019 tentang konsolidasi partai melalui pembentukan DPC dan DPD dalam rangka menyambut kongres V PDIP.

Dikonfirmasi mengenai surat tersebut, Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari membenarkan bahwa DPP telah melayangkan surat yang ditujukan kepada DPD PDIP Jatim.


"Iya, benar. Kami sudah mendapatkan instruksi dari DPP untuk mengundang PAC seluruh Surabaya supaya menjelaskan kembali PP 28 tahun 2019. Nanti akan kami lakukan kepada seluruh jajaran struktural PAC se-kota Surabaya," kata Untari kepada detikcom, Jumat (12/7/2019).

Sedangkan untuk pertemuan, lanjut Untari, pihaknya akan mengundang PAC se-Surabaya pada hari Minggu lusa (14/7). Seperti yang telah diinstruksikan, pertemuan itu akan menjelaskan kembali PP 28 sampai proses turunnya rekomendasi ketua, sekretaris dan bendahara (KSB) DPC Surabaya dari DPP dan ketua umum.

"Kami undang pada hari Minggu seluruh PAC untuk mendapatkan keterangan resmi dari DPP terkait PP 28 dan proses sampai munculnya rekomendasi KSB dari ketua umum. Tidak perlu diragukan lagi rekomendasi itu asli, benar dan datang dari ketua umum," Untari melanjutkan.


"Pertemuan Minggu lusa itu memang agendanya tunggal untuk menjelaskan sosialisasi kembali terhadap PP 28. Perkara nanti di situ yang akan minta dialog ya kita buka dialog kita dengar masukannya apa," imbuh Untari.

Sebelumnya, sebanyak 28 Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP Kota Surabaya menggelar mimbar bebas di kantor DPC di Jalan Kapuas. Acara itu digelar sebagai bentuk ketidakpuasan atas keputusan DPP PDIP di konferensi cabang (konfercab) serentak pada Minggu (7/7).


PDIP: Tidak Ada Istilah Oposisi, Kita Rangkul Semua:

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed