detikNews
Selasa 09 Juli 2019, 12:00 WIB

239 Desa di Tulungagung Hari Ini Pilih 648 Calon Kepala Desa

Adhar Muttaqin - detikNews
239 Desa di Tulungagung Hari Ini Pilih 648 Calon Kepala Desa 239 Desa di Tulungagung Gelar Pilkades Serentak/Foto: Adhar Muttaqin
Tulungagung - 239 Desa di Tulungagung menggelar Pilkades serentak hari ini. Pilkades yang diikuti 648 calon ini memiliki jumlah pemilih yang terdaftar mencapai 747 ribu jiwa.

Pilkades yang diikuti oleh 648 calon kepala desa tersebut mendapat pengawalan 7.410 petugas keamanan gabungan dari 23 Polres di Jawa Timur, Satuan Brimob, Yonif 511, Kodim 0807 serta petugas Linmas.

Antusiasme para pemilih terasa sejak Selasa (9/7/2019) pagi. Ribuan masyarakat berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang rata-rata digelar di kantor desa serta komplek sekolah. Desa-desa penyelenggara pilkades tersebar di 18 kecamatan.

Berbagai upaya juga dilakukan panitia pemilihan untuk meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat. Salah satunya dengan menyediakan undian berhadiah. Sedangkan sejumlah kandidat juga berupaya mengelola massa pendukungnya dengan menyediakan angkutan gratis dari rumah ke TPS.


Plt Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo yang tercatat sebagai warga Desa Sembon, Kecamatan Karangrejo juga ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi di tingkat desa tersebut. Ia mencoblos di TPS 1 Desa Sembon dengan didampingi istrinya.

"Ini adalah hajat besar masyarakat Tulungagung untuk memilih para pemimpin di tingkat desa. Ini untuk menjalankan amanat rakyat dalam memilih pemimpin yang terbaik," kata Maryoto Birowo, Selasa (9/7/2019).

Pihaknya berharap proses pilkades serentak bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada konflik maupun persoalan yang berarti. Dari pantauan yang dilakukan Pemkab Tulungagung selama beberapa hari terakhir, situasi keamanan cukup kondusif, beberapa desa yang mengalami kenaikan suhu politik diklaim dapat terselesaikan dengan baik.

"Kami bersama aparat kepolisian san TNI akan terus mengawal dan memantau pilkades ini hingga selesai. Ini nanti saya juga akan melakukan monitoring ke beberapa desa," jelasnya.

Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com