detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 18:27 WIB

Tujuh Pelaku Kejahatan di Tuban Tertangkap dan Dihadiahi Timah Panas

Ainur Rofiq - detikNews
Tujuh Pelaku Kejahatan di Tuban Tertangkap dan Dihadiahi Timah Panas Tujuh pelaku kejahatan yang tertangkap Polres Tuban/Foto: Ainur Rofiq
Tuban - Tujuh pelaku kejahatan yang kerap beroperasi di Tuban dan beberapa kota lain di Jatim tertangkap. Mereka dihadiahi timah panas oleh Tim Resmob Macan Ronggolawe Polres Tuban.

Petugas terpaksa melumpuhkan para pelaku kriminalitas itu karena melawan saat ditangkap. "Kita lumpuhkan kakinya karena mereka melawan saat diamankan oleh anggota. Beruntung teman-teman Resmob masih selamat saat diserang pelaku dengan parang," kata Kapolres Nanang Haryono kepada wartawan, Jumat (14/6/2019).

Menurut Nanang, mereka merupakan para pelaku kejahatan yang selama ini membuat resah warga Tuban. Mulai dari pelaku curat, curanmor dan pencuri spesialis rumah kosong.


Rata-rata, tujuh pelaku itu sudah melakukan pencurian di beberapa TKP di Tuban. Pelaku Suryadi (35) merupakan DPO pencurian motor di beberapa lokasi di Tuban, Bojonegoro, Jombang dan Nganjuk. Ia jadi buronan polisi sejak Januari 2019.

Kemudian Yoto dan Abdyllah Muzaki mencuri enam sepeda gunung yang harganya rata-rata di atas Rp 5 juta. Yoto merupakan warga Kembangbilo Rt 02 Rw 04 Desa Kembangbilo, Tuban. Sedangkan Abdyllah asal Jombang.

"Pelaku ini mengaku telah enam kali mencuri sepeda gunung yang parkir di rumah para korban. Modusnya pelaku jalan kaki di perumahan, ada pemilik lengah, sepeda langsung dibawa kabur," imbuh Nanang.

Dari tangan Yoto, petugas mengamankan Barang Bukti 4 unit sepeda gunung berbagai merek. "Sepeda ini saya jual ke tukang becak, seharga 1 juta per unitnya. Uangnya saya pakai makan dan kebutuhan hidup lainnya. Rata-rata di perumahan kalau saya mencuri," kata Yoto.


Sementara para pelaku kejahatan lainnya asal Tuban Candra Siregar melakukan pencurian motor bersama temannya Dedi Gunawan (36) asal Pekalongan. Sedangkan pencuri spesialis rumah kosong yakni Ilham Khoiry warga Mulyorejo Singgahan Tuban dan Imam Mahsud.

Mereka biasanya menggasak harta benda seperti perhiasan dan uang. Dari tangan para tersangka diamankan beberapa motor, uang, dan perhiasan.

Nanang mengatakan semua kejahatan seperti curat, curanmor dan cyras di Tuban akan ditindak tegas tanpa ada kompromi. Bagi para korban yang ingin mengambil barang bukti motor atau sepeda bisa datang dengan menunjukkan bukti kepemilikan.

"Untuk para pelaku kejahatan jangan sekali-kali mencoba berulah di Bumi Wali. Bagi yang sudah tertangkap jangan ulangi kalau nggak ingin saya kirim ke akhirat. Saya akan selalu melindungi dan memberikan rasa nyaman dan aman pada masyarakat," pungkasnya.


(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com