Pengamanan Pelabuhan Ketapang DIpertebal Pasca-Bom Bunuh Diri di Sukoharjo

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 04 Jun 2019 03:39 WIB
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Pascaledakan diduga bom bunuh diri di Pos Polisi Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Polres Banyuwangi mengamankan pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi. Fokus Pengamanan dilakukan lantaran arus mudik dan liburan Lebaran 2019 sedang berlangsung.

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansah Zeinardi mengatakan pengamanan dilakukan di dalam pelabuhan dan di dalam kapal. Pihaknya juga melakukan sidak eberapa kapal yang digunakan untuk angkutan penyeberangan para pemudik.

"Kita sempat lakukan pemeriksaan sebentar. Barangkali ada benda-benda yang membahayakan. Petugas kami sempat menyisir beberapa kapal," ujarnya kepada detikcom, Selasa dini hari (4/6/2019).


Taufik menambahkan pengamanan pelabuhan juga dilakukan di pintu masuk dan pintu keluar Pelabuhan ASDP Ketapang. Untuk pintu masuk dilakukan pemeriksaan pada kendaraan yang akan berlibur ke Bali. Sementara untuk pemeriksaan di pintu keluar adalah untuk para pemudik dari Bali.

"Karena kewaspadaan bahan peledak, kami mencari barangkali ada bahan peledak. Juga yang lain seperti narkoba dan senjata tajam," tambahnya.


Antisipasi lain, kata Taufik, adalah pos pengamanan dan pos pelayanan. Pihaknya melakukan penebalan anggota di masing-masing pos. Karena bisa diduga sasaran bom bunuh diri tersebut adalah aparat atau petugas dari kepolisian.

"Kita selalu update segala peristiwa yang ada. Kami sudah siapkan pengamanan lebih untuk antisipasi ini. Pospam tetap diamankan dan dilakukan penebalan kekuatan serta peningkatan patroli terbuka dan tertutup," pungkasnya. (iwd/iwd)