detikNews
Rabu 24 April 2019, 16:52 WIB

Adegan Aris Hilangkan Jejak dengan Bakar Baju Korban Mayat dalam Koper

Erliana Riady - detikNews
Adegan Aris Hilangkan Jejak dengan Bakar Baju Korban Mayat dalam Koper Pelaku membawa koper dan membakar barang korban/Foto: Erliana Riady
Blitar - Dua adegan dilakukan Aris Sugianto (34) di rumahnya, Desa Mangunan Udanawu Kabupaten Blitar. Tanpa ada Azis Prakoso (23), Aris seorang diri memperagakan mengambil koper, membakar baju serta barang-barang korban mayat dalam koper, Budi Hartanto, di depan rumahnya.

Disaksikan puluhan tetangganya, Aris tampak keluar dari mobil reskrim Polresta Kediri dengan jalan pincang. Aris lalu dipapah kedua polisi dan langsung memperagakan adegan ke-36, di depan rumahnya.

Pelaku duduk jongkok lalu membakar baju dan barang lain milik korban. Aris memperagakan adegan tersebut dengan berurai air mata.


Usai membakar, ibu pelaku NG tampak berjalan dari arah belakang selatan rumahnya. Lalu sang ibu menanyakan ke Aris sedang membakar apa. Sambil mendekati ibunya dan duduk di tembok teras yang belum diplester, Aris mengaku dirinya baru saja membakar bungkus plastik bekas dagangannya.

Pelaku membakar barang-barang korban di depan rumahnya/Pelaku membakar barang-barang korban di depan rumahnya/ Foto: Erliana Riady

Selain itu, adegan lain yang diperagakan Aris yakni mengambil koper milik ibunya. Koper itu diletakkan di sudut kiri pintu kamar, berdekatan dengan ruang tamu.

Aris lalu membawanya keluar kamar. Koper diletakkan di bagian belakang sepeda motor. Sambil menaiki sepeda motor scoopy warna abu-abu kombinasi coklat, tangan kiri Aris memegang koper itu sembari memegang kemudi. Kejadian ini terangkum dalam identifikasi adegan ke-14.


"Ada beberapa materi atau adegan baru yang ditambahkan dalam rekonstruksi. Ini berdasarkan keterangan dari pelaku dan saksi saat mereka memperagakan reka ulang," kata Kasubdit Jatanras III Polda Jatim AKBP Leonard Sinambela kepada detikcom di rumah pelaku Aris, Rabu (24/4/2019).

Rekonstruksi di rumah Aris hanya berlangsung sekitar 30 menit. Seperti di lokasi lain, warga tampak berjubel di lokasi rumah Aris.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed