DetikNews
Senin 22 April 2019, 19:12 WIB

Gangguan Server, UNBK SMP di Kota Mojokerto Molor Satu Jam

Enggran Eko Budianto - detikNews
Gangguan Server, UNBK SMP di Kota Mojokerto Molor Satu Jam UNBK SMP di Kota Mojokerto/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Pelaksanaan Ujian Nasioal Berbasis Komputer (UNBK) untuk siswa SMP/MTs di Kota Mojokerto sempat mengalami kendala. UNBK di hari pertama ini sempat molor 1 jam akibat gangguan pada server pusat. Sehingga para peserta tidak bisa login untuk mengerjaan soal ujian.

Seperti yang terjadi di SMPN 8 Kota Mojokerto di Jalan Raden Wijaya. Kepala Sekolah Gusti Udijani Dalem mengatakan, UNBK mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolahnya dibagi dalam 3 sesi karena terbatasnya jumlah laptop. Sesi pertama pukul 08.00-10.00 WIB, sesi ke dua pukul 10.30-12.30 WIB, sedangkan sesi ke tiga pukul 14.00-16.00 WIB.

Siswa kelas IX yang menjadi peserta UNBK di sekolah ini sejumlah 182 anak. Saat ujian, mereka dibagi dalam 2 ruangan. Ruangan 1 berisi 36 siswa, sedangkan ruangan 2 diisi 25 siswa.

Menginjak sesi ke dua, gangguan server mulai terjadi. Menurut Gusti, para peserta tidak bisa login ke halaman soal ujian akibat gangguang pada server pusat.


"Ini gangguan dari server pusat sehingga para peserta sempat tidak bisa login," kata Gusti kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (22/4/2019).

Gangguan pada server ini, lanjut Gusti, mengakibatkan pelaksanaan UNBK sesi ke dua molor sekitar 1 jam. Para peserta baru bisa mengerjakan soal pukul 11.30 WIB. Sesuai jadwal, seharusnya sesi ke dua dimulai pukul 10.30 WIB.

"Sesi ke dua baru kami mulai pukul 11.30 WIB. Sesi tiga juga mengalami keterlambatan," terangnya.

Beruntung, keterlambatan ini tak menyita waktu pengerjaan soal para peserta UNBK. Karena saat login ke halaman soal ujian, para peserta tetap mempunyai waktu 120 menit untuk mengerjakannya.


"Keterlambatan ini tak mengurangi waktu mengerjakan soal. Selesai login, waktu tetap terhitung 120 menit," tegas Gusti.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Amin Wachid menjelaskan, ganguan server terjadi hampir merata di semua SMP yang menggelar UNBK di Kota Mojokerto. Menurut dia, hari ini terdapat 21 SMP dan MTs yang melaksanakan UNBK. Ujian ini diikuti 3.117 siswa.

"Kendala ini merata di setiap sekolah. Tidak munculnya token UNBK merupakan gangguan dari server pusat," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed