detikNews
Selasa 19 Maret 2019, 14:21 WIB

Situs di Proyek Tol Pandaan-Malang Diyakini Sebuah Gapura

Muhammad Aminudin - detikNews
Situs di Proyek Tol Pandaan-Malang Diyakini Sebuah Gapura Penggalian di situs Sekaran masih terus dilakukan (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang - Teka-teki situs Sekaran di Km 37+700 tol Pandaan-Malang mulai sedikit terkuak. Tatanan batu bata kuno itu diyakini sebagai pintu gerbang atau gapura.

Penggalian sendiri sudah berjalan tujuh hari dan masih terus dilakukan hingga hari ini.

Kepala tim arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Wicaksono Dwi Nugroho mengungkapkan tatanan bata kuno pada situs Sekaran menguat sebagai pondasi sebuah pintu gerbang.

Pondasi berupa tatanan bata berukuran besar sebelumnya ditemukan saat penggalian dimulai. Selama tujuh hari ini, arkeolog menyingkap lapisan permukaan tanah yang menutupi situs.

"Hasil penyingkapan pada titik ekskavasi memperjelas tatanan bata yang ditemukan sejak awal sebagai pondasi gapura," ungkap Wicaksono kepada detikcom, Selasa (19/3/2019).


Lantas gapura apa yang dimaksud? Wicaksono menjelaskan gapura yang diperkirakan melalui tatanan bata tersebut adalah pintu gerbang tempat peribadatan.

"Gapura sebagai pintu gerbang tempat sakral atau bisa disebut kompleks peribadatan di masa situs berdiri," tegas Wicaksono.

BPCB juga menduga kuat bahwa situs Sekaran berdiri pada era Pra-Majapahit. Temuan pada situs di Desa Sekarpuro, Pakis, Kabupaten Malang, ini tak pernah ditemui sebelumnya.

"Belum pernah menemukan yang seperti ini. Kami memperkirakan situs berdiri di era Singosari. Hal ini diperkuat dari temuan koin Cina dan porselin yang didominasi dari Dinasti Song (abad 10-14 Masehi)," beber Wicaksono.

Ditanya lebih jauh soal struktur bangunan kompleks peribadatan itu, Wicaksono memperkirakan pondasi dibuat dengan tatanan bata yang kini ditemukan.


"Sementara konstruksi pada bagian dinding bangunan terbuat dari kayu dan atapnya berbahan organik seperti ijuk," papar Wicaksono.

Situs Sekaran ditemukan di tengah pengerjaan tahap awal Km 37+700 tol Pandaan-Malang beberapa waktu lalu. Temuan susunan batu bata bekas aktivitas alat berat ditindak lanjuti oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur.

Hari ini Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur menggelar pertemuan dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Muspika Pakis serta Jasa Marga untuk menyampaikan progres terkini ekskavasi atau penggalian situs Sekaran.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed