detikNews
Senin 11 Maret 2019, 13:48 WIB

Pemkot Anggarkan Rp 80 Miliar untuk Proyek Alun-Alun Surabaya

Amir Baihaqi - detikNews
Pemkot Anggarkan Rp 80 Miliar untuk Proyek Alun-Alun Surabaya Foto: Istimewa
Surabaya - Pemkot Surabaya menyebut menyiapkan dana sebesar Rp 80 miliar demi mewujudkan pembangunan alun-alun di atas dan bawah tanah. Anggaran sebesar itu diambil dari APBD.

"Untuk anggaran (alun-alun) Rp 80 miliar dan multiyears 2019/2020 dari APBD," kata Iman Krestian saat dihubungi detikcom, Senin (11/3/2019).

Iman mengatakan, saat ini proyek sudah memasuki tahap lelang. Ia memprediksi jika semua berjalan dengan lancar bulan Mei proyek sudah bisa dilaksanakan.

"Nah ini kan kita masih proses lelang ya. Soalnya kalau proses lelang penetapan baru 2 bulan kemudian jadi kalau sekarang bulan Maret, April, Mei baru start," terang Iman.


"Kemungkinan Mei pas ulang tahun Surabaya ada groundbreaking atau apa nanti," imbuh alumnus ITS itu.

Dia mengatakan saat ini pihak Pemkot Surabaya telah melaksanakan sejumlah putaran atau periode lelang proyek pembangunan milik pemkot. Sedangkan untuk proyek Alun-Alun Surabaya ini masuk di putaran ke-11.

"Putaran itu periode lelang. Periode lelang itu dimulai Desember tahun lalu untuk putaran pertama terus ini sudah berjalan putaran 11. Artinya bulan Maret ini akan dibuka putaran 11. Nah ini baru akan kita masukan pekerjaan basemen ini," jelas Iman.

"Di putaran 11 ini akan kita lelang (proyek Alun-Alun Surabaya) nantinya akan ada pemenanganya sekitar 2 bulan lagi," lanjutnya.


Sedangkan para peserta lelang atau penggarap dari pihak swasta. Sedangkan untuk tim penilai tender lelang ada akan ditentukan oleh unit pengadaan lelang (ULP).

"Penggarapnya dari swasta semuanya. Ya nggak tahu kalau ada BUMN atau apa kita nggak tahu juga," tuturnya.

"Kita belum tahu berapa yang akan ikut lelang. Karena jadwalnya minggu ini atau dua minggu ke depan. Kalau pemenangnya unit ULP (unit layanan pengadaan) yang nanti mengadakan dan menentukan," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com