DetikNews
Rabu 06 Maret 2019, 18:01 WIB

Warga Bondowoso Serahkan Alap-alap Nipon ke BKSDA Jember

Chuk S Widarsha - detikNews
Warga Bondowoso Serahkan Alap-alap Nipon ke BKSDA Jember Pemilik alap-alap nipon yang menyerahkannya ke BKSDA Jember (Foto: Chuk S Widarsha)
Bondowoso - Seorang warga Bondowoso menyerahkan burung elang jenis alap-alap nipon ke petugas BKSDA Wilayah III Jember. Penyerahan itu dilakukan karena burung elang itu berstatus dilindungi.

Dalam penyerahan tersebut, petugas BKSDA langsung mendatangi rumah Wahyudi di Kelurahan Badean, Bondowoso. Petugas langsung membawa jenis burung elang yang dilindungi tersebut, setelah sebelumnya dibuatkan berita acara penyerahan.

"Daripada bermasalah di kemudian hari, mending saya serahkan dengan sukarela. Karena saya dengar, burung itu memang dilindungi," kata Wahyudi (41), pemilik burung, ditemui di rumahnya, Rabu (6/3/2019).

Menurut Wahyudi, burung itu awalnya dimiliki salah seorang temannya. Lantaran si teman tersebut tak mengetahui jika burung itu termasuk dilindungi, ia kemudian membelinya.


"Burung itu lalu saya rawat dulu. Kemudian saya koordinasi dengan petugas BKSDA, jika burung ini mau saya serahkan," ujar Wahyudi.

Kepala Resor Konservasi Wilayah 17 yang membawahi Situbondo dan Bondowoso, Sapari, menjelaskan jika burung tersebut memang termasuk dilindungi, berdasarkan UU No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

"Intinya, barang siapa yang memiliki satwa dilindundungi diancam dengan hukuman setidaknya lima tahun penjara atau denda satu milyar," jelas Sapari.


Namun begitu, imbuh Sapari, pihaknya tetap mengapresiasi langkah yang diambil oleh warga Badean itu, yang dengan sukarela menyerahkan kepada petugas KSDA.

"Semoga kesadaran semacam itu bisa diikuti warga lain yang memiliki satwa-satwa yang termasuk dilindungi," tandas Sapari.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed